Pulihkan Ekonomi Nasional, Pemerintah Dinilai Butuh Dukungan Semua Parpol

Istimewa
Iklan

JAKARTA, Waspada.co.id – Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi Golkar, Mukhamad Misbakhun mengatakan ancaman krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 bisa diatasi jika semua elemen bangsa. Selain itu, menurutnya, pemerintah saat ini sangat membutuhkan masukan untuk memulihkan ekonomi dan kesehatan.

Hal tersebut disampaikan dalam diskusi webinar pada Hari Lahir KNPI ke-47 dengan tema ‘Urgensi Penguatan Politik & Ancaman Krisis Ekonomi Global’. KNPI berharap diskusi ini bisa mencari jalan keluar untuk ekonomi global, khususnya Indonesia akibat pandemi Covid-19.

“Saat ini pemerintah lebih membutuhkan masukan untuk membangun kembali tatanan ekonomi dan kesehatan dibandingkan kritikan politik,” kata Misbakhun dalam keterangannya, Jumat (24/7).

Selain itu, pemerintah dinilai membutuhkan dukungan politik dari seluruh partai koalisi untuk menyelesaikan masalah-masalah ekonomi yang muncul akibat pandemi. “Kondisi sekarang pemeritah membutuhkan dukungan politik dari semua partai politik untuk menyelesaikan persoalan ekonomi,” terang Pengamat Politik dari Eksekutif LKIP, Edu Lamanto.

Menurutnya, jika pemerintah tidak didukung partai politik akan sangat sulit keluar dari ancaman krisis. “Tanpa dukungan penuh dari partai politik rasanya sulit meneyelesaikan persoalan ekonomi akibat Covid-19 karena besarnya tarik-menarik kepentingan politik,” tambah dia.

iklan

Ekonomi Universitas Gadjah Mada Sri Adiningsih mengatakan salah satu cara agar Indonesia dapat bertahan dan keluar dari ancaman krisis ekonomi adalah kordinasi antar lembaga harus berjalan dengan baik.

“Pemulihan ekonomi akan lebih cepat jika memaksimalkan kekuatan domestik, seperti pasar domestik, konsumsi, SDA, UMKM, ekonomi kreatif, pariwisata domestik dan ekonomi digital,” ujar dia.

Bendahara Umum DPP KNPI Twedy N Ginting berharap diskusi ini dapat mencari solusi atas potensi krisis global yang sedang terjadi akibat pandemi Covid-19. Pihaknya berharap Covid-19 segera berlalu dan Indonesia bisa kembali membangun strategi pemulihan ekonomi. (merdeka/ags/data2)

Iklan