Polda Sumut Peringati Hari Bhayangkara ke-74 Secara Virtual

WOL Photo
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Polda Sumut menggelar upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-74 secara live streaming dengan Istana Negara bertempat di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Rabu (1/7).

Upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-74 di Istana Negara dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, dengan mengusung tema “Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif”.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, memimpin langsung pelaksanaan upacara turut dihadiri oleh Gubernur Sumut, Pangdam I/BB, Wakil Ketua DPRD Sumut, Kajati Sumut, Danlantamal I Belawan, Pangkosek Hanudnas III, Ka BNNP Sumut, Kabinda Prov Sumut, serta Pejabat Utama Polda Sumut

Dalam pidatonya, Presiden RI, Joko Widodo, mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-74 kepada keluarga besar Kepolisian Republik Indonesia.

“Terima kasih setinggi tingginya atas pengabdian, pengorbanan dan sumbangsih dalam menjaga keamanan dan ketertiban dalam menegakkan hukum serta dalam memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat,” katanya.

iklan

Menurutnya, sebagai bangsa pejuang kita tidak boleh cepat menyerah khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia saat ini. Kita harus terus berikhtiar mengatasi permasalahan kesehatan maupun ekonomi.

“Keterlibatan jajaran Polri sangat dibutuhkan mulai dari jajaran Mabes, Polda, Polres, Polsek dan Bhabinkamtibmas harus aktif mengajak masyarakat mengikuti protokol kesehatan serta mengawal ketepatan penyaluran bantuan sosial agar situasi tetap kondusif aman dan damai,” tuturnya.

Joko Widodo menyebutkan, keselamatan rakyat adalah paling utama dan hukum tertinggi. Lakukan tugas kemanusiaan ini secara persuasif dan humanis namun tetap tegas dalam menangani setiap pelanggaran hukum guna menjaga profesionalitas dan kepercayaan rakyat.

Bahkan, beberapa instruksi sebagai pedoman pelaksanaan tugas Polri tetap terus pegang teguh serta amalkan nilai-nilai luhur Tri Brata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas. Jaga kehormatan, jaga kepercayaan dan jaga kebanggaan sebagai anggota Polri.

“Terus lakukan reformasi diri secara total. Bangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan dan akuntabel. Bangun kultur kerja Polri yang profesional, modern dan terpercaya. Mantapkan soliditas internal serta perkuat sinergi Polri dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks,” sebutnya.

“Terapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat serta tingkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional,” pungkasnya.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan