Petugas KPU Medan Rapid Test Covid-19, Ratusan Orang Reaktif

Ilustrasi (WOL Photo/Ega Ibra)
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Ratusan orang dinyatakan reaktif setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mengadakan rapid test Covid-19 atas 4.294 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dalam rangka persiapan Pilkada.

“Saya kurang pasti jumlah PPDP yang reaktif; kalau tidak salah sekitar 121 orang atau 2,8 persen,” kata Komisioner KPU Medan, Rinaldi Khair, Sabtu (11/7).

Disebutkan, pelaksanaan tahapan Pilkada Medan dengan menerapkan protokol kesehatan. Bila ada PPDP yang hasil rapid test-nya reaktif langsung diganti. Petugas yang baru juga wajib mengikuti rapid test.

Rapid test massal KPU Medan hasil kerja sama dengan RSUD dr Pirngadi Medan dan data orang reaktif sudah diterima. Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Medan, dr Mardohar Tambunan, mengungkapkan ratusan petugas reaktif akan ditindaklanjuti dengan tes swab metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Pasti di-swab dan kasusnya itu nanti kita selesaikan di tim Gugus dan akan ditelusuri terus itu yang reaktif. Mekanismenya memang seperti itu. Protokol Covid-19 tetap kita laksanakan,” katanya menambahkan Gugus Tugas sudah koordinasi dengan KPU Medan dan RSUD Pirngadi.

iklan

Namun, Mardohar mengatakan proses tes swab terhadap PPDP yang dinyatakan reaktif itu tidak bisa langsung dilakukan, melainkan harus terlebih dahulu masuk daftar tunggu. (wol/aa/viva/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan