Pekerjaan Gugus Tugas Dilanjutkan Satgas Penanganan Covid-19

Jubir Komite Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito (Foto: Ist)
Iklan
agregasi

JAKARTA – Seluruh pekerjaan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan dilanjutkan oleh Satuan Tugas (Satgas). Hal ini dilakukan seiring adanya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 83 Tahun 2020.

“Seluruh tugas dari gugus tugas dilanjutkan dan diteruskan oleh Satgas Penanganan Covid-19, demikian juha gugus tugas yang ada di daerah tetap berfungsi sebagai satgas daerah,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (24/7/2020).

Wiku menuturkan, Satgas Covid-19 merupakan wujud dari Gugus Tugas yang sebelumnya telah terbentuk. Hanya saja, imbas dari adanya Perpres 83/2020 mengharuskan mengganti nama.

Sebagaimana diketahui, Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 82 Tahun 2020. Entitas dalam organisasi itu terdiri atas Komite Kebijakan, Satgas Covid-19 dan Satgas PEN.

Komite Kebijakan diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, serta Menteri Dalam Negeri sebagai Wakil Ketua Komite Kebijakan.

iklan

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi Ketua Pelaksana yang bertugas mengintegrasikan dan mengoordinasikan pelaksanaan kebijakan strategis dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 serta pemulihan perekonomian dan transformasi ekonomi nasional. Adapun Satgas Covid-19 dipimpin oleh Doni Monardo dan Satgas PEN diketuai oleh Budi Gunadi Sadikin.

Iklan