Mengusung Konsep Nasional, Game Fantasy Town Tuai Dukungan Kemenparekraf

Istimewa
Iklan

Waspada.co.id – Garena Indonesia selaku pengembang eSports ternama, merilis game berjudul Fantasy Town. Game bertajuk simulasi pertanian (farming) ini diluncurkan pada pertengahan Juli 2020 dengan menghadirkan berbagai elemen lokal.

Direktur Garena Indonesia, Hans Kurniadi Saleh mengatakan selain sebagai hiburan, game Fantasy Town juga dapat mengedukasi bagi para pemain. Dimana kehadiran elemen lokal pada Fantasy Town mengajak pemain untuk melestarikan budaya Indonesia. Sekaligus mengajarkan cinta budaya Indonesia serta konsep kebersamaan.

“Kita harapkan melalui game ini bisa melestarika budaya Indonesia. Bagi para players ini bisa sebagai pengetahuan dan penghibur sementara dengan melihat beragam kebudayan dan rumah adat yang ada di Indonesia,” katanya saat press briefing yang dilakukan pada Kamis (30/7).

Mengusung konsep nasional dengan menghadirkan elemen Indonesia, gameFantasy Town menuai pujian dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia .

Pelaksana Tugas (PlT) Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Josua Puji Mulia Simanjuntak menyanbut bain kehadiran Game bertajuk farming ini dalam oerannya melestarikan kebudayaan Indonesia.

iklan

“Apa yang dilakukan Garena melalui Fantasy Town memang mengagumkan. Dimana banyak sekali memasukan unsur lokal dan juga berbagai karakter Indoensia. Karakter-karakter ini menunjukan identitas keberagaman Indoensia. Karena itu kami akan terus mendukung pertumbuhan industri game di Indonesia,” pungkas Josua.

Josua juga menjelaskan mengenai pontensi game Indonesia. Ia mengatakan pasar game Indonesia cukup besar yang masih didominasi oleh mobile game. Namun, konsumsi game lokal Indoensia hanya satu sampai dua persen saja.

“Kami menyambut kehadiran Fantasy Town ini, dengan harapan Fantasy Town bisa menjadi game unggulan di Indonesia dan akan kita dorong ke pasar global,” harapnya.

Fantasy Town merupakan game kasual bernuansa lokal yang dapat dimainkan oleh semua umur. Game ini menghadirkan sejumlah tempat bersejarah di Indonesia diantaranya Candi Borobudur, Monumen Nasional (Monas), Lawang Sewu, Kota Tua Jakarta, Rumah Gadang hingga Rumah Adat Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua dan Makassar.

Tidak hanya itu berbagai karakter dan kostum yang berasal dari cerita rakyat Indonesia juga dihadirka. Si Kabayan, Iteung, Nyi Roro Kidul, hingga Radu yang terinspirasi dari pakaian adat Madura dapat dinikmati melalu game Fantasy Town rilisan Garena Indoensia ini. (Wol/ondan/ega/data3)

Iklan