KSAD: 1.280 Kasus Corona di Secapa, 101 di Pusdikpom Cimahi

foto: pikiranrakyat

BANDUNG, Waspada.co.id – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, menyebutkan jumlah pasien positif Covid-19 di Sekolah Calon Perwira (Secapa AD) sebanyak 1.280 orang.

Dari total pasien terkonfirmasi positif itu, Andika menjelaskan sebanyak 991 merupakan perwira siswa dan sisanya 289 adalah staf atau anggota dari Secapa AD beserta keluarganya. Pada kesempatan itu, KSAD mendapati siswa dan staf Secapa AD positif Covid-19 dalam kondisi baik.

Kunjungan KSAD ke Secapa AD yang menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Jawa Barat itu dilakukan sesuai protokol kesehatan. Dalam tayangan akun youtube TNI AD, Andika berdiri di atas lapangan dan para siswa positif Corona berjarak cukup jauh.

“Saya mengunjungi prajurit kami di Secapa AD. Saya ketemu dan lihat kegiatan mereka secara sepintas. Secara umum mereka dalam keadaan baik,” ujar Andika di Markas Komando Daerah Militer (Makodam) III/Siliwangi, Bandung, Sabtu (11/7).

Usai mengunjungi Secapa AD, Andika juga dijadwalkan menyambangi Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom) AD di Kota Cimahi. Dikatakan, dirinya melihat 101 prajurit yang juga positif Covid-19. Dari jumlah itu, sebanyak 25 staf dan anggota dari Pusdikpom dan 76 siswa (positif).

Advertisement

Saat ini, kata Andika, pihaknya sedang mengevaluasi terkait penularan virus di dua lembaga pendidikan tersebut. Pun demikian, KSAD tak bisa secara pasti menyebut penyebab awal penularan virus di kedua lembaga tersebut.

“Ini pelajaran bagi kami, kami sudah evaluasi, mempersering penyemprotan desinfektan. Itu salah satu cara kita, walaupun tidak bisa menjamin juga,” katanya. (wol/aa/cnnindo/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL