KPU Mutakhirkan Data Pemilih di Pilkada 2020 pada 15 Juli

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman. (ist)
Iklan
agregasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali melanjutkan tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak 2020. Salah satu tahapannya yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat yakni melakukan proses pemutakhiran data pemilih.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU RI Arief Budiman dalam diskusi bertajuk ‘Bagaimana Kesiapan Pilkada 2020?’ Yang digelar secara virtual, Jumat (10/7/2020). “Tanggal 15 Juli nanti kita akan memulai proses pemutakhiran data pemilih, melakukan coklit ya,” katanya dalam diskusi tersebut.

Arief mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan perekrutan. Setelah perekrutan dilaksanakan, maka calon petugas tersebut kemudian disebut sebagai Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Dalam proses perekrutan ini, kata dia, pihaknya akan melakukan pemeriksaan tes cepat (rapid test) Covid-19. Hal ini memastikan agar PPDP ini terbebas dari virus Covid-19.

“Kalau memang tidak ada kondisi reaktif maka bisa langsung lanjut menjalankan tugasnya. Tapi kalau kondisi dia reaktif maka ditindaklanjuti dengan tes swab, nah kalau dilakukan test swab ternyata dia positif, maka dia akan diganti di peringkat-peringkat berikutnya. Tapi kalau dia negatif, dia bisa melanjutkan tugas-tugasnya,” ujar dia.

iklan
Iklan