Kinerja Menteri Buruk, Wajar Jokowi Ingin Reshuffle Kabinet

foto: antara
Iklan

JAKARTA, Waspada.co.id – Isu reshuffle kabinet menteri marak menjadi perbincangan. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Masinton Pasaribu, menganggap wajar Presiden Joko Widodo (Jokowi) marah ketika menterinya tidak bekerja maksimal dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Kemarahan itu wajar, karena semua pemimpin, presiden sebagai kepala pemerintahan melakukan hal yang sama, yaitu mengingatkan anggota kabinetnya bukan hanya di Indonesia saya rasa di berbagai negara juga sama,” ujarnya, Sabtu (4/7).

Di sisi lain, pihaknya mengakui bahwa seluruh jajaran pemerintah gagap dalam menghadapi pandemi Covid-19. Sebab, ada hal yang tidak biasa yang harus dijalankan oleh pemerintah maupun masyarakat ketika berhadapan dengan pandemi Covid-19.

Menurut Masinton, persoalan pokok kegagapan pemerintah dalam menghadapi Covid-19 yakni karena belum disiapkannya penanganan dalam situasi darurat. Pemerintah, kata Masinton, belum mampu mengimplementasikan manajemen penanganan dalam situasi darurat.

“Saya lihat bahwa persoalan pokok kita gagap karena memang belum memiliki formula yang disebut dengan disaster management itu. Kita hanya mengenal kata disaster management, penanganan dalam situasi darurat, tapi implementasinya gagal kita terapkan,” ungkapnya.

iklan

Di lain pihak, Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, menilai sulit menyebut nama menteri yang terkena reshuffle. Hanya saja, besar kemungkinan Prabowo Subianto, Basuki Hadimuljono, dan Erick Thohir dipertahankan.

“Nama-nama itu bisa jadi ada dalam persepsi Jokowi. Nama-nama itu bisa jadi yang dipercaya Jokowi sebagai menteri dengan kinerja baik,” kata Pangi.

Menurut Pangi, saat ini Jokowi membutuhkan menteri yang bisa membuat gebrakan. Namun yang terpenting pula adalah kinerja menteri bisa dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat.

“Yang jelas, parameternya untuk reshuffle murni adalah kinerja, bukan letupan politik,” ujar Pangi.

Sebagai tambahan, dunia maya pun ramai menyebutkan sejumlah nama baru di kabinet nantinya. Di antaranya adalah Jenderal (Purn) Pol Budi Gunawan, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (wol/aa/viva/okz/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan