Ini Lima Rekomendasi Film Animasi yang Tinggi Nilai Keluarga dan Persahabatan

Istimewa
Iklan

Waspada.co.id – Anime memiliki beberapa genre, mulai dari action, petualangan, drama, komedi, percintaan, fantasi, dan sebagainya. Kendati anime disajikan dalam bentuk animasi yang disukai anak-anak, namun tak semua anime cocok ditonton untuk mereka.

Ada beberapa anime yang cocok ditonton bersama keluarga, tentunya bagi semua umur. Meski kebanyakan bergenre fantasi, namun anime berikut sangat family-friendly karena mengandung muatan nilai keluarga dan persahabatan yang bisa ditiru anak maupun orang dewasa.

Berikut 5 anime yang cocok ditonton bersama keluarga.

Doraemon: Stand By Me

Berkisah tentang Nobita, anak pemalas, lamban, dan tidak berprestasi. Pada masa depan ia mengalami kebangkrutan dan meninggalkan banyak utang hingga membebankan anak-cucu. Demi menghindari hal itu, cucu dari anak Nobita, Sewashi kembali ke masa lalu.

iklan

Ia memerintahkan robot kucing yang ia beri nama Doraemon untuk membantu Nobita remaja yang saat ditemui masih berusia 10 tahun. Doraeomon memiliki misi untuk membuat Nobita bahagia.

Jika tidak, dia belum bisa kembali ke masa Sewashi waktu mengirimnya. Singkat cerita, Doraemon membantu Nobita dalam banyak hal dengan hal-hal yang keluar dari kantong ajaib milik dia.

Berjalannya waktu membuat Nobita dan Doraemon bersahabat, kemudian tiba waktu Doraemon harus kembali ke masa depan, sebab tugas dia berhasil dan Nobita telah bahagia. Tapi di detik-detik akhir keberangkatan ke masa depan, Nobita terlibat pertengkaran dengan kawan.

Hal itu membuat Doraemon khawatir dan mencoba untuk menunggu lebih lama.

Grave of the Fireflies

Anime yang cocok ditonton bersama keluarga ini diproduksi oleh studio film kenamaan Jepang yakni Studio Ghibli pada 1988. Berlatar belakang pada tahun 1945 yang mengisahkan dua bocah, Seita dan adiknya Setsuko terperangkap dalam pertarungan pertahanan diri selama bulan-bulan terakhir Perang Dunia II.

Kisah film akan berawal dari sang tokoh utama, Seita yang terbaring di stasiun kereta api dengan keadaan yang menyedihkan. Alur cerita juga maju-mundur. Anda akan disajikan kilas balik kehidupan Seita.

Sepanjang film anda akan disajikan dengan adegan-adegan yang menyentuh bahkan bisa menguras air mata. Kakak dan adik yang bertaruh hidup juga bisa jadi gambaran tentang kekompakan anggota keluarga.

Wolf Children

Sesuai dengan judul, anime ini bercerita tentang anak-anak serigala, namun serigala setengah manusia. Berawal dari seorang gadis desa bernama Hana yang bertemu dengan seorang pria yang ternyata setengah serigala.

Cinta antara keduanya bersemi, kemudian memutuskan untuk menikah. Mereka dikaruniai dua orang anak, hingga suatu hari sang suami meninggal karena kecelakaan. Dari sini perjuangan Hana dimulai.

Hana dibuat kerepotan sebab harus mengajarkan dua orang anaknya sendirian untuk menyembunyikan kekuatan dari orang-orang.

Ia dan dua anaknya pun terpaksa pindah ke desa terpencil guna menghindar dari pengawasan Dinas Sosial setempat yang kerap mengintai mereka.

Kesedihan akan sangat berasa ketika sang anak mulai bertumbuh, mereka akan dihadapkan pada dua pilihan yakni, tumbuh besar bersama Hana atau menjadi serigala dan hidup bebas di hutan belantara.

Spirited Away

Sudah belasan penghargaan yang didapat oleh anime ini, salah satu yang cukup bergengsi adalah film animasi terbaik pada gelaran Oscar 2003. Selain itu ada juga gelar Anime terbaik tahun 2002 oleh Akademisi Jepang.

Anime yang cocok ditonton bersama keluarga karya sutradara ternama Jepang Hayao Miyazaki ini bercerita tentang kisah seorang gadis berumur 10 tahun yang bernama Chihiro. Awal kisah, Chihiro dicitrakan sebagai gadis yang manja dan penakut.

Satu waktu, Chihiro, ibu dan ayahnya pergi ke sebuah tempat yang menyerupai taman yang terbengkalai. Singkat cerita, sang ibu dan ayah yang penasaran memasuki taman itu dan tanpa disadari ternyata hamparan taman luas itu adalah gerbang masuk ke dunia lain.

Awal mula permasalahan ketika ayah dan ibu Chihiro merasa lapar dan makan makanan ‘gaib’ di sana. Karena kecerobohan itu, keduanya berubah menjadi dua ekor babi gendut.

Setelah kedua orang tua Chihiro berubah menjadi babi, Chihiro bertemu dengan sosok misterius, Haku yang kemudian membantu Chihiro untuk melepaskan orang tuanya dari sihir.

Anime ini banyak berbicara soal pentingnya keseimbangan dalam hidup. Tidak ada karakter jahat, meskipun ada motif buruk. Sebab dari setiap sisi baik manusia, ada saja sisi buruk yang tersembunyi.
A Letters to Momo

Anime ini menggabungkan kisah drama keluarga dengan cerita fantasi. Bercerita tentang gadis usia 11 tahun bernama Momo Miyaura yang satu waktu pindah ke desa bersama sang Ibu, Ikkuko setelah kematian sang Ayah.

Momo yang masih berduka bertemu dengan tiga sosok roh Jepang yang disebut sebagai Yokai. Mereka adalah Kawe, Mame, dan Iwa. Momo dan tiga Yokai itu pun mulai bersahabat dan kembali ceria.

Perlahan namun pasti kepedihan atas kematian sang Ayah mulai bisa ia lupakan sebab kehadiran tiga kawan barunya itu.

Bahkan satu waktu mereka bekerja sama untuk mencari dokter untuk menyembuhkan penyakit asma Ibu Momo yang tiba-tiba kambuh. Anime ini akan mengajarkan penonton untuk tidak takut dan berjuang dalam hidup.

Selain itu ada nilai-nilai persahabatan yang sangat kental, ini adalah contoh lain anime yang cocok untuk ditonton bersama keluarga.

Usai mengetahui rekomendasi anime yang cocok ditonton bersama keluarga, pastikan menonton anime melalui situs atau aplikasi penyedia streaming legal ya, agar perangkat pengguna tetap aman dari malware saat menonton. (cnnindonesia.com/data3)

Iklan