Ini Cara Aman Sewa Baju Pengantin Agar Terhindar Dari Penularan Covid-19

Ilustrasi (ist)
Iklan

Waspada.co.id – Persiapan yang mesti dilakukan calon pengantin sekarang bukan lagi soal mau melangsungkan resepsi di mana, pakai vendor siapa, atau mau pakai adat apa. Melainkan lebih dari itu, apakah sudah sesuai protokol kesehatan untuk menghindari virus corona.

Ya, menikah di new normal seperti sekarang ini Anda mesti memastikan semua hal sudah menjalankan protokol kesehatan pencegahan virus corona atau belum, termasuk menyewa baju pengantin. Anda mesti pastikan apakah baju yang Anda kenakan sudah dicuci dengan baik dan dirawat dengan layak atau tidak.

Sebab, ada kekhawatiran bagi calon pengantin bahwa baju pengantin yang mereka sewa bisa saja membawa virus corona. Nah, untuk menjawab keresahan tersebut, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Indah Fitriani, SpPD, menerangkan kemungkinannya kecil.

Sebab, transmisi virus corona sebetulnya bukan melalui metode penularan via permukaan benda (termasuk baju pengantin), melainkan droplet yang utamanya.

“Jadi untuk sewa baju pengantin menurut saya aman-aman saja, asal kita pilih tempat penyewaan baju pengantin yang sudah menerapkan protokol kesehatan,” kata dr Indah saat diwawancarai Okezone, Jumat (3/7/2020).

iklan

Penerapan protokol kesehatan ini termasuk ruangan tempat penyimpanan baju, perilaku karyawan, dan yang lainnya. Untuk baju yang disewakan sendiri, sambungnya, Anda bisa perhatikan apakah sudah bersih (bebas noda misalnya) atau terbungkus plastik setelah dicuci.

Lalu, bagaimana karyawan yang melayani, apakah memakai masker, sarung tangan, dan perilaku hidup sehat lainnya. “Karena, kalau baju sudah dicuci bersih dengan deterjen, kuman yang menempel akan mati,” terangnya.

Dokter Indah menekankan, Anda mesti waspada jika tempat penyewaan baju pengantinnya tidak menerapkan protokol kesehatan. “Misalnya baju tampak kotor atau bernoda, atau malah satu baju bisa dicoba-pakai oleh beberapa orang dalam sehari, lebih baik pilih tempat lain,” saran dia. (okz/data2)

Iklan