Gugus Tugas: 99 Daerah Masuk Kategori Zona Hijau

Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Wiku Adisasmito (Foto: BNPB)
agregasi

JAKARTA – Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan hingga 28 Juni 2020 total ada 99 daerah di Tanah Air yang masuk kategori zona hijau. Dari 99 daerah itu, ada 66 kabupaten/kota yang sama sekali tidak terpapar Covid-19.

“Jadi pada saat ini per tanggal 28 Juni, kondisi di Indonesia ada total 99 daerah dengan zona hijau dimana 66 adalah kabupaten kota yang tidak terdampak. Artinya, belum pernah atau belum terlaporkan kasus sama sekali,” ujar Wiku dalam siaran langsung di Graha BNPB Jakarta, Jumat (3/7/2020).

Diketahui, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 membagi sejumlah kategori zona daerah yang terpapar virus corona. Ada 4 kategori zona berdasarkan tingkat kasus Covid-19 yaitu hijau, kuning, oranye dan merah.

Untuk zona dengan warna hijau artinya suatu wilayah yang tidak terdampak atau tidak ada kasus Covid-19 baru. Sementara, zona warna kuning merujuk pada wilayah dengan risiko rendah, warna oranye untuk risiko sedang dan warna merah untuk risiko tinggi.

Namun, Wiku tak memaparkan secara rinci wilayah mana yang masuk dalam zona hijau. Ia hanya mencontohkan salah satunya adalah Kalimantan Barat dengan catatan sebanyak 33 kabupaten/kota yang tidak memiliki kasus baru.

Advertisement

“Ini termasuk di Kalimantan Barat. Kebetulan di Kalimantan Barat yang terdampak tidak ada. Tapi ada 33 kabupaten/kota yang tidak ada kasus baru,” tutur Wiku.

Lebih lanjut, Wiku menilai adanya 33 kabupaten/kota di Kalimantan Barat adalah sebuah prestasi. Sebab, sebelumnya wilayah tersebut sempat masuk dalam kategori zona orange hingga merah.

“Ada 33 dan menurut kami adalah prestasi. Karena sebelumnya mereka berada dari zona lain. Bisa zona hijau, oranye, dan bisa jadi zona merah,” tandasnya.