Gubsu: Sumut Butuh Lebih Banyak Guru Besar

foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Guru besar sangat berperan menjaga dan meningkatkan kualitas kewibawaan akademik perguruan tinggi serta dipandang mumpuni dalam komunitas akademik yang menjaga pemahaman bidang keilmuan tertentu. Diharapkan makin banyak lahir guru besar di Sumatera Utara.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi pada pengukuhan Guru Besar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Prof Dr Triono Eddy SH MHum di Auditorium UMSU, Jalan Mukhtar Basri Medan, Sabtu (11/7).

“Acara pengukuhan ini harus dapat menjadi inspirasi bagi seluruh cendikiawan, senantiasa meningkatkan kualitas diri, kualitas penguasaan ilmu pengetahuan serta kualitas sumbangsih kepada masyarakat. Kita tunjukkan punya potensi besar untuk maju, bersaing dengan daerah dan bangsa lain. Untuk itu, kita perlu lebih banyak lagi profesor-profesor muda,” ujar Gubsu.

Untuk mendukung lahirnya lebih banyak profesor di Sumut, Gubsu berencana mengalokasikan anggaran ABPD Sumut guna membantu biaya pembuatan jurnal para dosen yang sudah bergelar doktor yang hendak mengajukan diri jadi guru besar.

“Tadi saya tanya kepada Pak Rektor tentang penghambat doktor menjadi guru besar. Salah satunya adalah mahalnya biaya pembuatan jurnal yang bisa sampai Rp25 juta. Karena saat ini saya gubernur, saya akan bantu alokasikan APBD karena saya tidak mau ada yang terkendala masalah biaya,” kata Edy.

iklan

“Sumut butuh orang-orang yang cerdas dan amanah,” sebut Edy.

Rektor UMSU Dr Agussani berharap pengukuhan tersebut mampu menambah jumlah guru besar di Sumut. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumut (LLDikti), Prof Dian Armanto mengatakan Prof Dr Triono Eddy SH MHum merupakan guru besar ke-49 di Sumut.

Triono Eddy lahir di Tegal pada 12 Desember 1956, menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Hukum USU, magister di Pascasarjana Ilmu Hukum USU, dan meraih gelar doktor Ilmu Hukum USU. Triono juga dikenal aktif sebagai dosen program Pascasarjana Ilmu Hukum UMSU. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan