Edy Dorong Realisasi NPHD, Tito: Hasilnya Langsung Terlihat

Foto: Biro Humas Dan Keprotokolan Setda Provsu
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 mendatang, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mendorong 23 kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada merealisasikan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) kepada penyelenggara di daerah.

Meskipun dinyatakan siap melaksanakan Pilkada, masih ada beberapa kendala seperti realisasi NPHD kepada KPUD, Bawaslu, dan petugas keamanan daerah. Dalam pertemuan Mendagri Tito Karnavian dan Menko Polhukam Mahfud MD, Jumat (3/7), disebutkan pencairan NPHD untuk KPUD, Bawaslu, dan petugas keamanan sebagian sudah terealisasi.

“Setelah mendapat informasi tersebut kita langsung berkoordinasi dengan kepala daerah agar segera merealisasikan NPHD, sehingga Pilkada 2020 bisa berjalan lancar. Dan saat rapat ini para kepala daerah yang realisasinya masih rendah juga berkomitmen akan segera mencairkannya,” kata Edy pada Rakor Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Grand Aston City Hall Medan.

Gubsu juga menekankan agar Pilkada di Sumut kali ini benar-benar menjadi pesta demokrasi untuk rakyat. Mantan Pangkostrad tersebut tidak ingin Pilkada malah membuat daerah-daerah di Sumut mencekam.

Mendagri menyampaikan saat ini hanya sebagian kecil daerah di Sumut yang belum mencairkan NPHD untuk KPUD, Bawaslu dan petugas keamanan, seperti Mandailing Natal dan Samosir. Walau begitu, 23 kepala daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada komit untuk segera merealisasikan NPHD.

iklan

“Sebelum ke sini, Saya langsung berkoordinasi dengan Pak Edy lewat telepon terkait ‘rapor merah’ ini dan langsung direspons beliau. Pak Edy langsung koordinasi dengan kepala-kepala daerah dan hasilnya langsung terlihat,” kata Tito.

Tito mengingatkan kepala daerah agar menyelesaikan pencairan NPHD paling lambat minggu depan dikarenakan petugas KPUD mulai pemutakhiran data yang membutuhkan anggaran yang tidak sedikit pada15 Juli 2020.

Menko Polhukam menyatakan Sumut siap melaksanakan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020. Mahfud menekankan agar masyarakat Sumut menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan mendapat pemimpin daerah yang baik.

Ketua KPU Sumut, Herdensi Adnin, menyampaikan pihaknya akan rapid test 19.250 petugas pemutakhiran data. Tentang NPHD, Herdensi memaparkan jumlah keseluruhan dari 23 kabupaten/kota sebesar Rp655.676.483.343 dan jumlah yang sudah dicairkan Rp281.518.999.303. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan