David Silva Sudah Jadi Legenda Man City

foto: mcfc

MANCHESTER, Waspada.co.id – David Silva terpilih menjadi bintang kemenangan Manchester City saat menghadapi Newcastle United dalam lanjutan Liga Premier di Etihad Stadium, Kamis (9/7). Berkat andil Silva, The Citizens menang telak 5-0.

Gelandang asal Spanyol tersebut menyumbang satu gol plus dua assist untuk Gabriel Jesus dan Raheem Sterling. Dua gol The Citizens lainnya dicetak oleh Riyad Mahrez dan bunuh diri Federico Fernandez. Usai pertandingan, pelatih Josep Guardiola pun memuji performa David Silva.

Silva selalu menyumbang setidaknya 10 assist di semua kompetisi selama 10 musim memperkuat Manchester Biru. Bila dicatat secara keseluruhan, gelandang berusia 34 tahun ini sudah memberi 121 assist untuk City.

“Apa yang sudah dia lakukan itu luar biasa, fantastis! Bukan cuma untuk pertandingan hari ini, tapi juga 10 tahun terakhir. Yang kami inginkan adalah orang-orang kembali ke Etihad untuk pertandingan untuknya sebagai salah satu legenda klub,” ujar Guardiola.

“Dalam skala kecil, dia mungkin yang terbaik yang pernah saya lihat. Dia kembali dari lockdown dalam ritme yang luar biasa. Kalau mau, dia bisa main di mana saja. Tidak ada keraguan soal itu,” sambung Pep.

Advertisement

Musim ini jadi terakhir bagi Silva bersama The Citizens karena kontraknya habis. Silva tiba di Manchester dari Valencia pada tahun 2010 silam. Sejak itu, dia menjelma jadi salah satu pilar penting tim.

“Para pemain muda belajar dari David lewat tindakan, bukan kata-kata. Dia adalah orang yang tidak banyak bicara, tapi dia jadi panutan karena sikapnya di sesi latihan. Dia adalah seorang kompetitor,” katanya menambahkan.

“Musim ini dia ada di level terbaik. Dia bermain sangat, sangat bagus. Fans tidak ada di sini, tapi dia akan kembali untuk pamitan,” tuntas Guardiola. (wol/aa/mcfc/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL