BI Sumut Optimis BUMD Siap Kendalikan Inflasi

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Sumatera Utara optimis kebijakan Pemerintah Provinsi Sumut memberikan kewenangan kepada dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Diantaranya PT Aneka Industri dan Jasa (AIJ) dan PT Dirga Surya untuk mengurusi pangan dapat membantu mengendalikan inflasi.

“Optimisme ini timbul setelah melihat percobaan perdana yang dilakukan PT AIJ mengimpor bawang merah dari pulau Jawa pada saat harga bawang merah di atas Rp55 ribu per kilogram,” tutur Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumut, Wiwiek Sisto Widayat, Senin (12/6).

BI optimis sekarang karena AIJ sudah mulai bergerak bulan lalu dengan mendatangkan bawang merah dari Jawa Barat. Ini membantu suplai di Medan dan harga bawang bisa ditekan.

“Untuk memaksimalkan fungsi PT AIJ, BI Sumut kata Wiwiek juga sudah memfasilitasi AIJ untuk melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan BUMD di Tanjung Pinang dan Batam yang berada di Provinsi Kepulauan Riau,” jelasnya.

Advertisement

Dan sesuai dengan komitmen BI, pihaknya akan membentuk kerjasama antar daerah yang dihasilkan pada rapat koordinasi TPID se Sumatera pada bulan lalu. Tahap awal akan dilakukan dengan empat provinsi yakni Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, dan Aceh.

“BI sudah menjajakinya dan sepertinya yang siap itu adalah Batam, Riau, dan Sumbar. Nantinya yang dari Bangka Belitung juga ingin bergabung,” tegasnya.

Sementara untuk PT Dirga Surya, Pemprov Sumut menurut Wiwiek akan memberi wewenang untuk mengelola Sistem Resi Gudang (SRG) yang ada di Kabupaten Langkat dan Serdang Bedagai (Sergai), sebagai upaya menjaga ketersediaan pasokan dan juga stabilisator harga, terutama untuk komoditas beras dan jagung.

“Dari informasi yang kami terima, SRG di Sergai membutuhkan penguatan dari sisi kelembagaan terutama menyangkut kepengurusan. Dan ini wewenangnya ada di bupati,” ucapnya.

“DPRD Sumut bisa segera mengesahkan draf peraturan daerah terkait pemberian wewenang ke PT Dirga Surya dan juga PT AIJ yang diharapkan bisa dilakukan di akhir bulan ini,” tandasnya.(wol/eko/data3)

Editor: SASTROY BANGUN