Aquarium Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental? Berikut Penjelasannya

Foto: BuilderID

Waspada.co.id – Aquarium memang dapat meningkatkan estetika dalam ruangan. Selain untuk menghias ruangan, ternyata aquarium juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan psikologis penghuni rumah.

Menurut publikasi University of Exeter, melihat tampilan akuarium menyebabkan penurunan nyata dalam tekanan darah dan detak jantung. Jumlah ikan yang lebih banyak membantu menahan perhatian orang lebih lama dan memperbaiki suasana hati mereka.

Faktannya aquarium dan pajangan sering dikaitkan dengan upaya menenangkan pasien di ruang operasi dokter dan ruang tunggu gigi. Hal tersebut memberikan bukti kuat bahwa ‘dosis’ paparan pengaturan bawah laut dapat memiliki dampak positif pada kesejahteraan manusia.

WOL Photo

Ditinjau dari sisi Psikologi, aquarium memiliki efek menyehatkan yang alami. Manfaat utama terdapat pada air pengisi aquarium, tanaman air yang hijau segar dan ikan yang warna-warni berenang kian kemari.

Sifat lembab air memberikan efek sejuk dan bisa mengurangi kekeringan. Pemandangan tanaman hias air yang segar dan indah ditata di aquascape dapat membawa imajinasi kita ke alam yang indah.

Advertisement

Di ruangan ber-AC yang sering membuat kulit terasa kering atau di di ruangan yang terasa berhawa panas, bisa kita tempatkan aquarium. Pasti akan lebih terasa sejuk.

Apa saja manfaat aquarium di dalam ruangan? Berikut ini, manfaat lain dari aquarium berpengaruh positif terhadap kondisi psikologis seseorang.

Menjernihkan Pikiran dan Menetralkan Perasaan Serta Obat Stress
Ketika merasa suntuk, atau bosan dengan ritme rutinitas hidup yang monoton, cobalah perhatikan aquarium. Gerak-gerik alami ikan dalam air yang mengalir tenang mampu menghanyutkan hati dan pikiran kita dalam kedamaian, menjadi obat stress yang mujarab dan mampu mengalihkan perhatian kita dari masalah rutinitas kehidupan.

Menurunkan Tekanan Darah
memandangi cantiknya ikan hias di dalam aquarium yang di desain sesuai habitat ikan tersebut. Hal tersebut menstimulus efek positif dalam membantu menurunkan tekanan darah.

Menumbuhkembangkan Kasih Sayang yang Alami
Melihat keindahan sesuatu seringkali menimbulkan rasa cinta dan kasih sayang untuk membiarkannya tetap ada. Demikian pula dengan perpaduan keindahan ikan hias, air dan berbagai aksesoris pada aquarium. Aquarium bisa membuat kita tergugah untuk menjaga, memelihara dan melestarikannya, sehingga tumbuh rasa memiliki yang tulus.

Memberi Inspirasi
Aquarium yang ditata dengan cantik beserta ikan yang beraneka warna bisa menginspirasi pikiran kita. Ketenangan dan kedamaian yang diperoleh dengan memandangnya. Hal itu bisa meningkatkan imajinasi dan gairah untuk menciptakan sesuatu.

Ketika kita sedang memandangi ikan hias di dalam aquarium. Maka perasaan kita akan merasa lebih tenang damai dan biasanya situasi seperti itu dapat menimbulkan Ide-ide yang cemerlang secara spontan dari dalam pikiran kita. (psyline/sciencedaily/ondang/data2)