Wagubsu: Intinya Disiplin Laksanakan Protokol Kesehatan

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, meminta masyarakat disiplin menjalankan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19, terutama menjelang penerapan konsep New Normal.

Kebiasaan baru ini tengah disusun konsep pemberlakuannya di tengah masyarakat. Sebab kebijakan untuk memulai aktivitas seperti biasa di tengah wabah yang belum selesai perlu persiapan secara menyeluruh.

Hal itu disampaikan Wagubsu saat diwawancarai via virtual dari rumah dinas di Jalan Teuku Daud Medan, Kamis (4/6). Menjawab pertanyaan terkait persiapan penerapan konsep New Normal, Wagubsu menyebutkan saat ini merupakan masa transisi dan sedang dibahas serta kaji kesiapan seluruh elemen masyarakat.

“Kita tidak bisa berpangku tangan dan berdiam diri. Walaupun saat ini wabah Corona belum usai dan tidak tahu sampai kapan, kita harus tetap beraktivitas. Intinya, dunia usaha harus berjalan dengan protokol kesehatan,” sebut pria biasa disapa Ijeck ini.

Beberapa tempat, kata Wagub, memang dilihat telah beraktivitas biasa. Namun, Ijeck menilai masyarakat tidak bisa disalahkan, terutama yang butuh penghasilan harian. Karenanya, diminta semua warga disiplin menjalankan protokol kesehatan dan tidak takut periksa kesehatan ke rumah sakit, puskesmas atau klinik.

Advertisement

Terkait beberapa sektor seperti pendidikan, Wagub menekankan tingkat SLTA hingga kini belum ada keputusan membuka kembali sekolah. Seiring langkah itu, juga disiapkan dukungan proses belajar mengajar melalui sistem jarak jauh atau daring dengan kerja sama penyedia layanan (provider).

“Untuk transportasi, bus yang beroperasi di dalam Sumut tidak dibatasi. Bus dari luar akan diperiksa perihal dan tujuannya. Sejauh ini, untuk distribusi logistik tetap berjalan,” kata Ijeck.

Wagub berpesan dunia usaha untuk memikirkan kreativitas melalui teknologi komunikasi yang modern, sehingga perekonomian bisa berjalan tanpa harus tatap muka. Karena itu, Ijeck meyakinkan masyarakat bahwa pemerintah sangat memikirkan kelangsungan hidup warganya.

“Yang terpenting, protokol kesehatan tetap dijalankan dengan disiplin. Semoga tidak ada penambahan masif. Jika masih ada pasien positif Covid-19, semoga bisa sembuh,” tuntasnya. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL