Truk Sampah Memprihatinkan, Anggaran Perawatan Dipertanyakan

WOL Photo
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Buruknya kondisi truk pengangkut sampah milik Pemko Medan menjadi perhatian masyarakat. Tokoh masyarakat Kota Medan, M Nasir, mempertanyakan anggaran perawatan armada pengangkut sampah yang dikelola Dinas Kebersihan Kota Medan.

“Ke mana anggaran perawatan truk sampah yang sudah dianggarkan melalui APBD setiap tahun? Seharusnya, Dinas Kebersihan tidak membiarkan bak sampah tidak layak itu dioperasionalkan,” tegas Nasir, Kamis (11/6).

Dari pengalamannya menjabat anggota DPRD Kota Medan, Ketua Partai Gelora Indonesia Kota Medan ini mengaku anggaran perawatan truk sampah tiap tahun disediakan dalam APBD Kota Medan dengan jumlah lumayan banyak.

Nasir berpendapat selama ini masyarakat mematuhi untuk membayar restribusi sampah, namun kenyataan fasilitas di lapangan tidak dapat dinikmati masyarakat. Sebab, anggaran yang bersumber dari retribusi sumbangan masyarakat tidak jelas.

“Retribusi sampah di Kota Medan sekitar 10 ribu hingga 15 ribu per rumah. Bahkan ada yang lebih dan kepatuhan warga untuk membayarnya sangat besar. Jadi, ke mana anggaran yang ada?” tanya Nasir.

iklan

Kepala Seksi TPS dan TPA Dinas Kebersihan Kota Medan, Pahala Rajagukguk, membenarkan adanya beberapa unit truk yang kondisinya baknya tidak layak. Tetapi, selama ini sudah ada perbaikan, hanya saja kerusakan terus terjadi akibat beban angkut terlalu banyak.

“Masalah ini memang menjadi perhatian, artinya anggaran memang ada. Kemungkinan, karena situasi Covid-19 ini, bisa jadi anggaran yang ada untuk itu masih dipending,” kata Pahala.

Selama ini, armada yang ada mengangkut dua hingga tiga trip, sehingga beban yang diangkut membuat bak menjadi rusak. Selama ini, lanjutnya, biasanya ada penambahan armada 20 truk setiap tahun.

“Jadi beban angkut dengan jumlah sampah tidak sesuai. Tapi, tahun ini kita belum tahu penambahan armada ada dianggarkan. Saat ini kita fokuskan dulu perawatan karena ada maintenance kita di Pinang Baris,” ujarnya.

Berita sebelumnya, mobil truk pengangkut sampah milik Pemko Medan, saat ini banyak yang memprihatinkan kondisinya. Namun, truk tersebut tetap beroperasi atau masih mengangkut sampah dari inti Kota Medan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan. (wol/ril/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan