Tergolong Pesawat Tua, Jet Tempur Hawk Juga Pernah Jatuh di Riau pada 2012

Foto: Koran Sindo
Iklan
agregasi

JAKARTA – Jatuhnya pesawat tempur BAE Hawk 109 di daerah permukiman penduduk di Desa Kubang Jaya, Siak Hulu, Kampar, Riau, menambah daftar pesawat milik TNI yang mengalami kecelakaan.

Dalam catatan Okezone, bukan sekali ini pesawat tempur buatan British Aerospace yang bekerja sama dengan BAE Systems ini mengalami kecelakaan.

Pesawat tempur Hawk 200 milik TNI AU juga pernah jatuh di dekat pemukiman warga di kawasan Marpoyan, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau, 16 Oktober 2012 silam.

Pesawat bernomor registrasi TT 0212 itu dipiloti Reza Prasetyo jatuh sekitar pukul 09.30 WIB. Pilotnya berhasil menyelamatkan diri karena keluar menggunakan kursi lontar sebelum pesawat terjatuh.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan, Brigjend TNI Hartin Asrind, mengatakan, dugaan sementara pesawat Hawk 200 jatuh di Pekanbaru, Riau, karena faktor mesin.

iklan

“Untuk sementara waktu kami menduga ada masalah di mesin,” kata Hartin di Kantor Kemhan, Selasa, 16 Oktober 2012 silam.

Dia menambahkan, pesawat dengan registrasi TT 0212 itu termasuk sudah tua. “Kondisi pesawat itu sudah lama. TNI AU selalu mengadakan pengecekan terhadap pesawat-pesawatnya. Pesawat itu buatan 1980-an,” tutup Hartin.

Sekadar diketahui, Pesawat tempur BAE Hawk 109 jatuh di daerah permukiman penduduk di Desa Kubang Jaya, Siak Hulu, Kampar, Riau.

Pesawat dengan nomor registrasi TT-0209 itu diawaki pilot Lettu (Pnb) Apriyanto Ismail dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Saat ini pilot tersebut sedang dirawat di RSAU dr. Soekirman Lanud Rsn Pekanbaru.

Iklan