Sudah 60%, Pemangkasan Eselon III,IV dan V Tuntas Akhir Tahun Ini

WOL Photo
Iklan
agregasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Pemerintah masih terus melakukan penyederhanaan birokrasi di Kementerian Lembaga dan Pemerintah Daerah. Langkah ini merupakan salah satu bentuk reformasi birokrasi seperti yang menjadi fokus pemerintah dalam lima tahun ke depan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, salah satu bentuk penyederhanaan birokrasi adalah dengan menghilangkah eselonisasi. Sebagai gantinya, seluruh jabatan eselon yang terkena pangkas ini akan menjadi jabatan fungsional.

“Beberapa poin arahan berkaitan dengan pembangunan SDM dan penyederhanaan birokrasi,” ujarnya dalam diskusi virtual, Senin (22/6/2020).

Hingga saat ini reformasi birokrasi yang dilakukan baik di pusat maupun daerah sudah mencapai 60%. Ditargetkan seluruh Kementerian Lembaga dan Pemerintah Daerah sudah melakukan pemangkasan pada jabatan eselon III, IV dan V pada akhir tahun nanti.

“Kaitannya dengan poin keempat (penyederhanaan birokrasi) kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh sekjen, Sesmen dan sekda-sekda yang sampai bulan Juli ini sudah mendekati 60% selesai. Diharapkan Desember ini selesai secara keseluruhan,” jelas Tjahjo.

iklan

Setelah rampung, nantinya pemerintah akan melanjutkan pada tahap selanjutnya. Yakni mengatur masalah tunjangan, gaji hingga pensiunan para Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Sehingga tahap-tahap berikutnya ada sejumlah hal yang akan kita perbaiki termasuk tunjangan, termasuk insentif dan lain lain,” ucapnya.

Iklan