PSMS Fokus Benahi Ketahanan Fisik

WOL Photo/Ari

MEDAN, Waspada.co.id – PSMS Medan kembali menggelar latihan secara tertutup di Stadion Kebun Bunga Medan, Senin (8/6). Latihan kembali digelar setelah 11 pemain yang berdomisili di Kota Medan sekitarnya menjalani rapid test.

Diketahui, latihan skuad Ayam Kinantan ini sebagai persiapan kelanjutan kompetisi Liga 2 Indonesia 2020 yang terhenti akibat pandemi Covid-19. Latihan hanya diikuti 11 pemain dan dipimpin pelatih fisik Ardi Nuri dan pelatih kiper M Halim.

Ke-11 pemain tersebut adalah Legimin Raharjo, Syaiful Ramadhan, Rachmad Hidayat, Agung Prasetyo, M Rifqi, Andre Sitepu, Andre Prambudi, Eki Fauzi, Yuda Risky Irawan, Abdul Rohim, dan Afiful Huda. Ardi Nusri mengakui latihan hanya materi ringan berupa kombinasi menendang, mengoper serta koordinasi mempertahankan bola untuk mengembalikan kondisi pemain.

“Sebab selama dua bulan lebih, PSMS memang tak menjalani latihan akibat kompetisi yang diliburkan karena pandemi Covid-19,” jelasnya.

“Materi latihan secara keseluruhan untuk endurance (ketahanan) pemain. Sebenarnya saya fokusnya kan ke fisik, tapi fisik itu daya lebih senang dengan bola. Biar tidak jenuh,” tambah pria berkumis itu.

Advertisement

Dikatakan, kondisi fisik akan jadi poin utama yang dibenahi di awal awal latihan tim asuhan Philep Hansen saat ini. Menurutnya, endurance pemain merupakan pondasi dasar dari stamina. Dia mengatakan tidak ada stamina yang bagus tanpa ketahanan tubuh atlet yang prima.

“Endurance itu nanti pelan-pelan kita benahi. Dalam.tiga bulan ini pelan-pelan bisa. Itu juga saya anjurkan tadi, tapi saya sarankan agar pemain juga berlatih sendiri di luar hari-hari latihan itu,” kata Ardi. (wol/ari/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL