PPP Bergejolak Jelang Mukernas

Ilustrasi (Ist)

JAKARTA, Waspada.co.id – Persaingan menuju kursi Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sudah dimulai. Para calon ketua umum (caketum) sudah mulai menyusun kekuatan, bahkan ada yang sudah membentuk tim sukses (Timses). Baik di level pusat maupun di daerah.

Wasekjen PPP Achmad Baidowi mengatakan, langkah tersebut wajar-wajar saja. Sebagai bentuk upaya dari masing-masing pribadi yang hendak maju sebagai caketum PPP.

“Kalau soal ada yang membentuk timses ya wajar saja. Namanya usaha politik,” kata dia, Kamis (4/6).

Sebab untuk maju dan memenangkan kontestasi internal partai tersebut setiap caketum tidak bisa bekerja sendiri. Mereka butuh dukungan orang lain, termasuk timses.

“Kalau maju caketum ya tidak mungkin bekerja sendiri. Pasti dibantu oleh para timnya,” ungkap dia.

Advertisement

Menurut dia, ada cukup banyak kader partai yang berniat maju sebagai caketum. Hanya saja dia tidak menyebutkan siapa saja orang-orang tersebut.

“Kalau disebut-sebut, banyak (yang berniat maju sebagai caketum PPP). Tapi apakah jadi maju ya tergantung dinamika politik,” jelas dia.

Terkait pelaksanaan Muktamar sendiri, lanjut dia, berdasarkan putusan Mukernas Partai, Muktamar IX dipercepat yang pelaksanaannya setelah pilkada 2020.

“Artinya ya Muktamar tetap setelah pilkada 2020 dan dipercepat sebelum April 2021. Sejauh ini belum ada Mukernas lagi, dan untuk mengubah keputusan ya harus melalui Mukernas,” tandas Awiek. (merdeka/ags/data2)