Potongan Film Justice League Versi Snyder Mulai Disebar

Film Justice League Versi Snyder (dok. Warner Bros Picture)

Waspada.co.id – Sutradara Zack Snyder akhirnya merilis sedikit potongan dari film Justice League versi dirinya alias Snyder Cut yang belum pernah ditampilkan sebelumnya pada Kamis (18/6).

Video berdurasi 34 detik tersebut menampilkan Gal Gadot sebagai Wonder Woman yang menemukan sebuah artefak dalam gua. Setelah itu, video menampilkan Darkseid untuk pertama kalinya.

“Bel sudah berbunyi dan mereka mendengar itu. Kegelapan di antara bintang-bintang. Ding dong. Dewa sudah mati,” narasi Jesse Eisenberg selaku Lex Luthor.

Snyder Cut dijadwalkan tayang di HBO MAX pada 2021. Beberapa bulan sebelum Justice League selesai, Zack Snyder mengundurkan diri karena alasan keluarga.

Namun Justice League versi tayang di bioskop banyak mengecewakan penggemar. Sementara itu, rumor sebelumnya beredar bahwa ada versi ‘asli’ dari Justice League yang digarap Snyder.

Advertisement

Oleh sebab itu, Snyder Cut menjadi salah satu potongan film yang amat dinantikan pecinta film DC. Tagar #ReleaseThe SnyderCut sudah berulang kali meramaikan Twitter selama bertahun-tahun, hingga kemudian Snyder Cut dikonfirmasi ada.

Justice League versi Snyder’s Cut yang dirilis nanti akan menjadi Justice League versi ketiga. Itu juga masuk dalam kategori film ‘director’s cut’. Sebuah film yang secara khusus digarap sebagaimana dengan keinginan sutradara yang menggarap film tersebut.

Kata ‘cut’ sendiri merujuk suatu proses penyuntingan atau pemotongan adegan yang biasa dilakukan dalam pembuatan film. Biasanya, pemotongan adegan dalam proses edit dilakukan dalam dua tahap.

Film yang tayang di bioskop umumnya mengalami banyak pemotongan adegan agar durasi tak terlalu lama dan bisa tayang beberapa kali dalam satu hari. Pemotongan adegan ini sayangnya sering kali tak sesuai dengan keinginan sutradara.

“Ini akan menjadi hal yang sama sekali baru. Anda mungkin hanya menonton seperempat dari apa yang saya buat,” ujar Snyder, mengutip Hollywood Reporter pada 20 Mei 2020. (cnnindonesia.com/data3)