Pesawat TNI AU Jatuh Dekat Rumah Warga

foto: twitter
Iklan

PEKANBARU, Waspada.co.id – Pesawat TNI AU jenis BAE Hawk 209 TT 0209 jatuh di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Senin (15/6) pagi. Pesawat terjatuh setelah lepas landas dari Pangkalan Udara (Lanud) Rusmin Nuryadin, Pekanbaru.

“Pesawat jenis Hawk 209 TT-0209,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau), Marsma TNI Fajar Adriyanto.

Fajar mengatakan pihaknya masih menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat tempur tersebut. Menurutnya, pesawat nahas tersebut diterbangkan olah Lettu Pnb Apriyanto Ismail dari Skuadron Udara 12 Lanud Rusmin Nuryadin, Pekanbaru.

“Pilot berhasil melontarkan diri dari pesawat menggunakan ejection seat dan selamat,” ujarnya.

Warga Desa Kubang Jaya, membenarkan sebuah pesawat jatuh di daerah permukimannya. Wahyu, warga setempat, mengatakan ada pesawat jatuh dengan jarak sekitar 500 meter dari rumahnya.

iklan

Di lokasi, sejumlah petugas Basarnas dan aparat berbaju loreng tengah memantau puing-puing pesawat yang hangus. Ada bagian badan belakang pesawat hingga ekor yang masih utuh. Atap rumah warga yang terbuat dari seng pun terlihat porak-poranda.

Insiden pesawat militer jatuh ini menjadi yang kedua pada Juni. Sebelumnya, helikopter jenis MI-17 milik TNI AD jatuh di Kendal, Jawa Tengah, 6 Juni lalu. Empat prajurit tewas saat kejadian nahas tersebut. (wol/aa/cnnindo/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan