Pemprovsu Raih Opini WTP Keenam Berturut-turut

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) terus berupaya mempertahankan kinerja baik dalam penyajian laporan keuangan daerah. Hasilnya, Pemprovsu kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) untuk keenam kalinya sejak tahun 2014.

Raihan ini disampaikan Anggota V BPK RI Bahrullah Akbar melalui video conference, Selasa (16/6), pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD Sumut dengan agenda Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Sumut Tahun Anggaran 2019 di Gedung DPRD Sumut.

“Opini BPK atas LKPD Provinsi Sumut Tahun 2019 adalah Wajar Tanpa Pengecualian. Dengan ini, Pemprovsu meraih opini WTP enam kali berturut-turut sejak LKPD TA 2014. Kami sampaikan apresiasi, namun jangan lupa tindak lanjut hasil pemeriksaan paling lambat 60 hari setelah laporan hasil pemeriksaan diterima,” ujar Bahrullah.

Pemantauan tindak lanjut hingga semester II Tahun 2019, kata Bahrullah, dari total 1.464 rekomendasi telah selesai ditindaklanjuti sebanyak 1.190 atau 82,38%. Sisanya, sebanyak 274 rekomendasi belum selesai ditindaklanjuti 17,62%.

Gubernur Sumut (Gubsu), Edy Rahmayadi, menyampaikan terima kasih kepada BPK RI untuk opini terbaik yang diberikan atas laporan keuangan Pemprovsu. Harapannya, dapat menjadi semangat untuk terus berupaya meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan dan hasil kerja terbaik untuk rakyat.

iklan

“Hari-hari belakangan ini, konsentrasi, pikiran, dan tenaga kita telah terkuras oleh tugas-tugas percepatan penanganan pandemi Covid-19. Namun, kondisi ini tidak menjadi alasan bagi kita tidak maksimal bekerja. Bersyukur dalam kondisi wabah ini, BPK telah audit LKPD Sumut dengan hasil opini WTP. Mudah-mudahan ini terus kita pertahankan,” jelas Edy.

Laporan hasil pemeriksaan BPK RI atas LKPD Sumut Tahun Anggaran 2019 diserahkan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sumut Eydu Oktain Panjaitan kepada Gubsu dan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan