Pemkot Tanjungbalai Kembali Bangun Rusunawa VI Sei Raja Untuk Masyarakat Miskin

WOL Photo

TANJUNGBALAI, Waspada.co.id – Wali Kota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH, meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) VI yang berlokasi di Jalan Perumnas Pasar Baru, Kelurahan Sei Raja, Kecamatan Sei Tualang Raso, Tanjungbalai, Rabu (24/6).

Pembangunan Rusunawa ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tempat tinggal bagi warga Kota Tanjungbalai. Proses dimulainya pembangunan ditandai tombol sirene oleh wali kota didampingi Zulkifli dari Dinas PUPR Provsu dan mewakili Kementerian PUPR serta Forkopimda Tanjungbalai.

“Hari ini, Rabu 24 Juni 2020, ground breaking/peletakan batu pertama pembangunan Rusunawa VI, Kelurahan Sei Raja, Kecamatan Sei Tualang Raso, Kota Tanjungbalai, saya nyatakan dimulai,” kata Syahrial.

Dalam sambutannya, Syahrial menyampaikan pembangunan akan dimulai pada Senin (29/6) dan masyarakat harus tetap mengikuti serta mematuhi protokol kesehatan. Hal ini agar terhindar dari wabah Covid-19 yang belum selesai juga.

“Saya juga menyampaikan hingga saat ini masih banyak masyarakat yang tidak memiliki tempat tinggal layak huni. Sebab itu, pembangunan fasilitas publik seperti rumah susun ini harus terus dilakukan.

Advertisement

“DPRD Kota Tanjungbalai agar terus menyuarakan aspirasi masyarakat terhadap kebutuhan tempat tinggal dan Camat Sei Tualang Raso harus mendata warganya yang masih tinggal di rumah tidak layak huni untuk mendapatkan bantuan rumah susun ini yang akan menggunakan fasilitas listrik prabayar,” papar wali kota.

“Kami (Pemkot, red) mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah mendukung dan membantu dalam pembangunan Rusunawa VI di Kota Tanjungbalai, sehingga masyarakat mendapatkan perumahan layak huni,” tutup Syahrial.

Zulkifli mengatakan Kota Tanjungbalai mendapatkan bantuan pembangunan Rusunawa dari Kementerian PUPR. Nantinya, 44 unit tipe 36 dibangung dengan kapasitas 176 orang. Lantai dasar sebanyak 12 unit, lantai dua 16 unit, dan lantai tiga sebanyak 16 unit.

Fasilitas di dalam terdapat kamar mandi, dua kamar tidur, ruangan keluarga, dapur, dan ruang menjemur pakaian. Rusunawa VI Tanjungbalai ini juga dilengkapi fasilitas umum pada lantai dasar, di antaranya kamar mandi, ruangan pengelola, mushalla, tangga, ruangan serba guna, servis, hunian difabel dengan total seluruhnya 176 unit.

Ketua Komisi B DPRD Kota Tanjungbalai, Hartati, menambahkan wali kota telah membebaskan biaya sewa selama tiga bulan di tengah pandemi Covid-19 ini. (wol/lvz/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL