Nilai Jual Mbappe Tetap Tembus Rp2,8 Triliun

foto: twitter
Iklan

PARIS, Waspada.co.id – Pandemi Covid-19 yang belum berakhir juga otomatis membuat nilai jual pesepakbola menurun. Kondisi ini juga dialami Kylian Mbappe. Hanya saja, harga pasaran striker Timnas Prancis itu masih bernilai sekira Rp2,8 triliun.

Studi KPMG Football Benchmark dilakukan untuk mengetahui dampak krisis Covid-19 terhadap harga pasar pemain sepakbola. Dalam laporan riset ini, KPMG mengambil data dari 10 liga teratas di Eropa.

Faktor-faktor yang dipertimbangkan cukup kompleks, mulai dari kondisi keuangan klub, sisa durasi kontrak, usia pemain hingga durasi bursa transfer. Selain itu, tiga aspek kunci yang dipertimbangkan yang meliputi situasi keuangan klub dan potensi pendapatan yang hilang, waktu pemain tidak bertanding selama pandemic serta kesempatan yang dilewatkan pemain unjuk gigi.

Dalam studi 10 liga yang diteliti, ada tiga yang sudah dihentikan. Ketiga kompetisi tersebut adalah Ligue 1 (Liga Prancis), Liga Belanda, dan Liga Belgia. Lewat algoritma Player Valuation Tool yang menggunakan data Opta dan sumber lainnya, didapat hasil terkait penurunan nilai jual pemain.

Sebelum pandemi, nilai jual Mbappe mencapai 225 juta euro. Setelah pandemi Covid-19 mewabah, harganya mengalami penurunan sebesar 21,5 persen atau menjadi 177 juta euro (sekira Rp2,88 triliun).

iklan

Neymar, pemain termahal di dunia saat ini, pun serupa. Sama-sama bermain untuk Paris Saint-Germain (PSG) bersama Mbappe, nilai jual Neymar turun 21,7 persen. Artinya, 175 juta euro drop menjadi 137 juta euro (Rp2,19 triliun).

Dari Liga Premier, nasib berbeda dialami Raheem Sterling. Bintang Manchester City asal Inggris tersebut tercatat sebagai pemain bernilai tertinggi ketiga. Turun 10,5 persen dari 150 juta euro, kini nilai Sterling adalah 134 juta euro (Rp2,14 triliun).

Meski terus dikait-kaitkan dengan Real Madrid, Mbappe kemungkinan tetap bertahan di Parc des Princes mengingat pandemi Covid-19 cukup memengaruhi kondisi keuangan klub-klub Eropa. Bila demikian, Madrid akan sabar menunggu kontrak Mbappe habis tahun depan.(wol/aa/as/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan