Nike Flight, Bola Baru Kompetisi Eropa Potensi Hujan Gol

foto: nike
Iklan

LONDON, Waspada.co.id – Musim depan Liga Premier akan memakai bola anyar. Nike selaku penyedia baru saja meluncurkan produk paling mutakhirnya untuk Serie A juga bernama Nike Flight.

Nike menerapkan teknologi baru bernama AerowSculpt yang sudah diuji selama delapan tahun sebelum akhirnya digunakan sekarang. Dengan memakai teknologi tersebut, bola ini memiliki kelebihan dalam hal akurasi. Pergerakan bola diklaim menjadi lebih terukur karena berkurangnya inkonsistensi aerodinamis.

Daily Mail menyebutkan bola baru ini menimbulkan sejumlah pertanyaan. Di satu sisi ini bisa menguntungkan karena memiliki akurasi bagus. Namun kelebihan tersebut ada kala merugikan karena arah bola mudah terbaca.

“Komentar atlet, baik dari 20 tahun atau saat ini, sama saja: mereka ingin konsistensi pada rasa, sentuhan, dan arah laju layang bola,” ujar Direktur Senior Nike Global Equipment, Kieran Ronan, Selasa (30/6).

Untuk mencapai hasil bola yang kini dirilis, Nike melakukan 68 model pengulangan gerak bola selama ribuan jam. Nike juga bekerja sama dengan 800 atlet profesional untuk mendapat validasi sebelum merilis bola tersebut.

iklan

“Semua yang ada di laboratorium kami berpijak pada ilmu pengetahuan. Di sini kami bisa mendeteksi perbedaan yang sangat kecil pada performa bola. Mungkin atlet tidak merasakannya langsung, tapi ketika perbedaan itu dicoba berulang kali, hasil menunjukkan perbedaan performa yang nyata,” kata Ronan.

Meski keren dan terlihat seklilas seperti bola golf, Nike Flight ini punya kelemahan di harganya yang relatif mahal. Dikabarkan, harga bola Nike Flight baru mencapai 120 pounds atau Rp2,2 juta. (wol/aa/dailymail/nike/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan