Mulai Jumat, PT Pelni Sudah Layani Tiket Offline

WOL Photo

BELAWAN, Waspada.co.id – Pelayaran KM Kelud sudah mulai beroperasi dari Tanjungpriok dengan tujuan Batam dan Belawan. Rencananya, angkutan massal tersebut akan tiba di Belawan pada 8 Juni 2020 mendatang.

Pelayanan tiket secara offline sudah dibuka mulai Jumat (5/6) untuk calon penumpang dengan membeli tiket langsung ke kantor PT Pelni Cabang Medan. Pelayanan ini dilakukan untuk menjalankan arahan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

“Mulai tanggal 5 Juni 2020, kantor PT Pelni telah membuka tiket offline untuk tujuan Batam dan Tanjungpriok. Bagi calon penumpang harus membawa syarat dalam pemesanan tiket disampaikan ke petugas di loket,” kata Kepala Cabang PT Pelni Medan, Luthfi, Rabu (3/5).

Syarat yang harus dipenuhi calon penumpang adalah surat keterangan bebas Covid-19, surat izin keluar masuk, berbadan sehat dan memakai masker sesuai arahan protokol kesehatan. Apabila syarat tersebut tidak dipenuhi, maka tiket tidak bisa dilayani kepada calon penumpang.

“Kita tetap menjalankan prosedur protokol kesehatan, makanya kita layani tiket secara offline, agar syarat yang diminta dapat disampaikan langsung ke petugas. Kalau secara online, otomatis kita tidak bisa cek syarat yang kita minta,” pungkas Luthfi.

Advertisement

Untuk KM Kelud, kata Luthfi, pihaknya sudah menerima surat resmi untuk jadwal operasional. KM Kelud berangkat dari Tanjungpriok pada 5 Juni dan tiba di Belawan pada 8 Juni nanti untuk kembali berangkat pada 9 Juni 2020.

“Memasuki New Normal, KM Kelud akan kembali beroperasi perdana. Harapannya, masyarakat dapat mematuhi ketentuan yang sudah ditetapkan oleh manajemen,” tuturnya.

Untuk kapasitas penumpang mengacu pada pedoman protokol kesehatan, KM Kelud akan mengangkut 50 persen penumpang dari jumlah normal sebanyak 2.607 orang. Bagi calon penumpang wajib dilakukan pemeriksaan saat berangkat dan tiba oleh petugas kesehatan di pelabuhan.

Manajer Umum Pelindo 1 Cabang Belawan, Khairul Ulya, mengatakan pihaknya telah mempersiapkan operasi terminal penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan sesuai ketetapan pemerintah melalui New Normal. Persiapan dilakukan dengan cek point pemeriksaan kedatangan maupun calon penumpang yang berangkat.

“Fasilitas cek point yang dijalankan adalah rapid test, pemeriksaan suhu tubuh penumpang, penggunaan masker, penyemprotan desinfektan serta physical distancing sesuai standar kesehatan,” pungkasnya. (wol/ril/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL