Masuk Zona Hijau, Humbahas Tetap Dapat Bantuan Alat Kesehatan

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

HUMBAHAS, Waspada.co.id – Meski Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) masuk zona hijau (belum memiliki kasus Covid-19), Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi tetap menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD), hand sanitizer, dan alat rapid test.

Gubsu menyerahkan 300 hazmat coverall, 500 masker medis, 100 masker KN95, 1000 pasang sarung tangan, 30 kacamata pelindung, 30 face shield, 30 sepatu boot, 10 sarung tangan panjang, dan 10 pelindung sepatu.

Kemudian, Gubsu juga menyerahkan empat jerigen hand sanitizer liquid, 130 botol (@100ml) hand sanitizer liquid, 24 botol (@250ml) hand sanitizer gel, dan 20 alat rapid test. Bantuan ini diterima langsung oleh Direktur RSUD Doloksanggul Netty Iriani Simanjuntak, Rabu (3/6).

“Zona hijau Humbahas ini harus kita pertahankan. Kita jaga semaksimal mungkin, jangan ada yang konfirmasi positif di sini. Selain APD dan hand sanitizer, kita juga akan tambah alat rapid test dan ventilator mobile. Jadi, sebisa mungkin pendatang atau masyarakat sini yang baru pulang dari zona merah bisa langsung di tes menggunakan rapid test,” kata Edy.

Didampingi Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Gubsu mengingatkan tim medis untuk tidak lengah selama masa pandemi Covid-19. Selain itu, dia juga berharap Humbahas siap menerapkan New Normal dan mempertahankan status zona hijaunya.

Advertisement

“Kita mungkin sebentar lagi akan menerapkan New Normal, terutama daerah-daerah zona hijau seperti Humbahas. Jadi, masyarakat dan tenaga medis harus siap, jangan lengah,” pesan Edy.

Gubsu juga meninjau fasilitas penanganan Covid-19 di RSUD Doloksanggul. Walau belum memenuhi standar penanganan, RSUD Doloksanggul dinilai siap menjadi rumah sakit sementara untuk pasien Covid-19.

Bupati Humbahas mengucapkan terima kasih kepada Gubsu yang tetap memberikan bantuan kepada daerah zona hijau. Direktur RSUD Doloksanggul, Netty Iriani, mengatakan jajarannya sudah mempersiapkan diri menghadapi wabah Corona di Humbahas.(wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL