Masa Pandemi, 8.328 Calhaj Sumut Batal Berangkat

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Masih di tengah pandemi, sejumlah 8.328 calon jamaah haji asal Sumatera Utara dipastikan batal berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini.

“Kepastian batal berangkatnya calon jemaah asal Sumut merupakan tindaklanjut atas keputusan yang dikeluarkan Mentri Agama, Fakhrur Razi yang membatalkan keberangkatan haji tahun 2020 dengan alasan pandemi Covid-19,” tutur Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kemenag) Sumut, HM David Saragih, Rabu (3/6).

Jadi totalnya ada 8.328 kuota kita untuk Sumut, yang sudah melaksanakan pelunasan sebanyak 8.132 calon jemaah, sudah 97 persen lebih.

“Sehingga calon jemaah haji yang sedianya berangkat tahun 2020 dijadwalkan berangkat pada tahun 2021. Kalau menurut mekanisme, yang tak jadi berangkat tahun ini berangkat tahun 2021. Yang tahun 2021 berangkat 2022, karena berdasarkan kuota,” ungkapnya.

Terkait adanya kemungkinan penolakan dari calon jamaah haji yang batal berangkat, David menyebut jika pihaknya sudah mengantisipasinya.

Advertisement

“Jika ada masyarakat yang tak menerima, kita tetap berikan arahan melalui para ustadz. Jika ada yang kurang puas, akan dikembalikan pelunasan. Kita akan kembalikan dengan teknisnya melalui Kemenag kab/kota, terus ke Kanwil dan akan usulkan ke Jakarta, itu 100 persen dari dana pelunasan, bukan awal,” ucapnya.

“Kita meminta masyarakat agar bisa menerima keputusan ini dengan ikhlas. Disebutnya, keputusan ini diambil dalam rangka menyelamatkan jiwa. Jemaah yang sudah mendaftar agar dapat menerima apa yang diputuskan pemerintah. Yakinlah semua ada hikmahnya, ini penyelematan jiwa,” tandasnya.(wol/eko/data3)

Editor: SASTROY BANGUN