Madrid Geser Barca Dari Puncak, Kontroversi Pun Muncul

foto: realmadrid
Iklan

SAN SEBASTIAN, Waspada.co.id – Real Madrid berhasil menggeser Barcelona dari puncak klasemen sementara La Liga Spanyol, setelah mengalahkan Real Sociedad 2-1 di Anoeta Stadium, Senin (22/6).

Madrid unggul lewat gol penalti Sergio Ramos dan Karim Benzema, sedangkan Sociedad memperkecil skor melalui Mikel Merino di menit-menit akhir. Kemenangan ini praktis menempatkan Los Blancos sebagai pemuncak klasemen.

Tim asuhan Zinedine Zidane dan Barca sama-sama meraih 65 poin, namun Madrid unggul head-to-head atas Barca karena tak terkalahkan di dua pertemuan mereka musim ini. Sebaliknya, Sociedad harus puas berada di posisi enam dengan 47 poin.

Paling tidak ada tiga insiden yang memantik kontroversi duel di San Sebastian tersebut, yakni penalti Madrid, gol Sociedad dianulir, dan dugaan handsball Benzema. Madrid mendapat penalti pada menit 49 bermula dari akselerasi Vinicius Junior.

Wasit Javier Ekstrada menilai ada kontak antara Diego Llorente dengan Vinicius dan memutuskan penalti. Lalu, gol Adnan Januzaj dianulir karena Mikel Merino dianggap berada dalam posisi offside.

iklan

Dua menit setelah gol Januzaj dianulir, insiden kembali terjadi. Madrid mencetak gol kedua lewat Benzema. Sebelum memastikan kemenangan, Benzema sempat mengontrol bola yang dinilai banyak pihak menggunakan tangan.

“Itu adalah gol yang sah karena tidak ada handsball ketika Karim Benzema mengontrolnya,” kata pakar wasit La Liga, Juan Andujar Oliver.

Kapten Real Madrid, Sergio Ramos, juga menoreh prestasi. Kini, Ramos resmi menjadi pencetak gol terbanyak di posisi pemain bertahan sepajang sejarah La Liga. Sayangnya, sang bintang mengalami cedera di pertengahan babak kedua dan harus ditarik. Posisi Ramos digantikan oleh Eder Militao. (wol/aa/goal/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan