Lima Kabar Baik Covid-19, Selandia Baru Umumkan Kemenangan “Social Distancing Berakhir”

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern. (REUTERS/STRINGER/Martin Hunter)
Iklan

Waspada.co.id – Total lebih dari 3,4 juta orang telah sembuh dari Covid-19, hingga Senin (8/6) malam WIB. Worldometers mencatat, 3,4 juta orang tersebut adalah 90 persen dari kasus yang telah ditutup, berbanding 10 persen pasien meninggal dunia.

Kemudian, Selandia Baru mengumumkan kemenangan mereka atas perlawanan terhadap virus corona.

“Kami sangat yakin sudah melenyapkan transmisi virus di Selandia Baru saat ini,” ujar PM Jacinda Ardern dalam konferensi yang ditayangkan televisi.

Berikut adalah 5 kabar baik dari pandemi virus corona pada Senin (8/6).

1. Lebih dari Hampir 3,5 juta orang sembuh
Dari 7.148.937 kasus virus corona sampai hari ini, jumlah pasien sembuh mencapai 3.490.625 orang.

iklan

Sementara itu, total korban meninggal dunia adalah 407.492. Jumlah pasien meninggal ini adalah 11,7 persen berbanding 90 persen pasien sembuh di kasus yang sudah ditutup.

Lalu di kasus yang masih ditangani, 3.320.820 (98,4 persen) dalam gejala ringan, sedangkan 53.807 (tak sampai 2 persen) berada dalam kondisi kritis.

2. Selandia Baru umumkan kemenangan
Selandia Baru mengumumkan kemenangan mereka atas virus corona, dengan mencabut segala larangan setelah pasien terakhir dinyatakan sembuh, setelah tidak ada penambahan kasus sejak 19 Mei lalu.

Meski pengawasan perbatasan masih diterapkan, Perdana Menteri Jacinda Ardern menyatakan social distancing dan pembatasan pertemuan publik tak diperlukan lagi.

“Kami sangat yakin sudah melenyapkan transmisi virus di Selandia Baru saat ini,” ujar Ardern dalam konferensi yang ditayangkan televisi.

Total kasus corona di Selandia Baru mencapai 1.504 kasus dan tercatat 1.482 pasien sembuh.

3. PM Armenia sekeluarga sembuh
Satu keluarga PM Armenia Nikol Pashinyan, dinyatakan telah sembuh dari Covid-19, seminggu usai dinyatakan positif.

“Kami sudah mendapat hasilnya dari tes yang dilakukan berulang kali ke keluarga kami. Hasil-hasilnya menunjukkan negatif semua,” tulis Pashinyan di media sosial.

Armenia sejauh ini mencatatkan 13.325 kasus virus corona dengan 211 korban meninggal dunia.

4. Sekolah di Afrika Selatan buka lagi
Para pelajar di Afrika Selatan akhirnya bisa kembali ke kelasnya masing-masing pada Senin (8/6), setelah sekolah-sekolah diizinkan buka lagi.

Reuters memberitakan, pembukaan sekolah termasuk bagian dari pelonggaran lockdown di negara tersebut.

Pekan lalu, pembukaan sekolah ini sempat ditunda karena pemerintah mengatakan sekolah-sekolah kekurangan fasilitas kesehatan dan pengelolaan kebersihan.

Meski begitu belum semua pelajar Afrika Selatan yang kembali bersekolah. Baru murid usia 7-12 tahun yang masuk, sedangkan kategori umur lainnya akan menyusul belakangan.

5. Hasil penelitian Avigan akan keluar Juli
Penelitian tentang kemanjuran Avigan sebagai obat Covid-19 dapat diketahui pada Juli 2020.

Sebelumnya, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menargetkan hasil penelitian bisa keluar pada Mei, tapi memundurkannya ke akhir Juni hingga akhirnya dimundurkan lagi ke Juli.

“Ada kemungkinan uji klinis akan berlanjut sampai Juli,” ujar seorang juru bicara Fujifilm, seraya mengungkapkan adanya kekurangan pasien untuk uji coba. (kcm/data2)

Iklan