GTPP Tanjungbalai Siap Bantu Pemulangan PMI Asal Asahan

WOL Photo

KISARAN, Waspada.co.id – Wali Kota Tanjungbalai sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH, menghadiri rapat lanjutan di Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Asahan, Rabu (3/6).

Rapat lanjutan tersebut terkait pemulangan 184 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Asahan yang berada di Malaysia. Syahrial mengatakan Pemkab Asahan harus melengkapi administrasi yang dibutuhkan agar proses pemulangan para PMI tidak terkendala, baik itu administrasi di Indonesia maupun Malaysia.

Hal ini sebelumnya telah dilakukan oleh GTPP Covid-19 Kota Tanjungbalai saat pemulangan PMI dari Malaysia pada tahap I dan II kemarin. Syahrial juga menyampaikan agar GTPP Covid-19 Asahan dan Tanjungbalai selalu koordinasi dan berharap kegiatan kemanusiaan tersebut berjalan lancar tanpa hambatan.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan yang juga Bupati Asahan, H Surya BSc, berterima kasih atas kehadiran GTPP Covid-19 Kota Tanjungbalai. Surya menjelaskan rapat lanjutan pemulangan PMI asal Asahan yang berada di Malaysia bermaksud saling bertukar informasi dan kerja sama tata cara pemulangan para pekerja.

“Pemulangan PMI asal Asahan yang berada di Malaysia merupakan kegiatan kemanusiaan atas permintaan melalui surat dan video yang dikirimkan kepada Pemkab Asahan serta Gugus Tugas,” ungkap Surya.

Advertisement

Untuk pemulangan PMI asal Asahan, Surya pun menyampaikan pihaknya akan menyiapkan seluruh administrasi yang diperlukan dan membentuk tim koordinator lapangan di Malaysia. Selain itu, bupati mengatakan pemulangan akan mengikuti protokol kesehatan.

Di akhir rapat, Pemkab Asahan dan Pemkot Tanjungbalai serta instansi terkait menyatakan kesiapannya mendukung pemulangan PMI asal Asahan yang berada di Malaysia. (wol/lvz/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL