Format Berubah, Liga Champions dan Liga Europa Lanjut Agustus

Foto: uefa
Iklan

NYON,Waspada.co.id – UEFA mengumumkan bahwa babak perempatfinal, semifinal, dan final Liga Champions akan digelar di Lisbon antara 12 dan 23 Agustus 2020. Sebaliknya, Liga Europa dimulai pada 5 Agustus 2020.

Kompetisi direncanakan akan kembali digelar setelah ditangguhkan sejak Maret lalu akibat pandemi Covid-19, dengan empat dari delapan pertandingan babak 16 besar masih tersisa untuk dimainkan. Empat pertandingan leg kedua akan dilangsungkan pada 7-8 Agustus dengan keputusan masih akan dibikin bertanding di stadion tuan rumah atau Portugal.

Paris Saint-Germain (PSG), Atalanta, Atletico Madrid, dan RB Leipzig sudah lolos ke perempatfinal yang akan berlangsung pada 12-15 Agustus di Estadio do Sport Lisboa e Benfica dan Estadio Jose Alvalade.

Sementara itu, semifinal akan digelar pada 18-19 Agustus di Estadio do Sport Lisboa e Benfica yang juga menjadi venue final pada 23 Agustus mendatang. Dengan jadwal padat, semua babak tersisa akan dimainkan satu leg dengan perpanjangan waktu dan adu penalti untuk menentukan pemenang.

Istanbul, semula terpilih sebagai tuan rumah final tahun ini, kini menjadi venue pada 2021 dengan St Petersburg menjadi tuan rumah pada 2022, Munich (2023), dan London (2024). Sementara itu, Liga Europa akan dimainkan sebagai turnamen knock-out di Jerman dengan Cologne, Duisburg, Dusseldorf, dan Gelsenkirchen sebagai tuan rumah.

iklan

Selain kelanjutan kompetisi, UEFA juga mengonfirmasi bahwa 12 kota tuan rumah untuk Euro 2020 kini dipastikan sebagai tempat turnamen yang dijadwalkan ulang untuk tahun depan. Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, mengaku senang kompetisi sepakbola antarklub Eropa kembali dilanjutkan.

“Saya senang dapat melanjutkan hampir semua kompetisi. Saya yakin kalau kami tidak harus menanggung ketidakhadiran fans dalam waktu yang lama dan bahwa mereka akan diizinkan masuk ke stadion lebih cepat dari perkiraan,” ujar Ceferin. (wol/aa/uefa/data3)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan