Dirlantas Poldasu Sebut Arus Lalin di Kota Medan Unik

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Direktur Lalu Lintas Polda Sumut, Kombes Wibowo, baru saja resmi menjabat setelah dilantik Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani, bertempat di Aula Tribrata Mapoldasu, beberapa hari yang lalu.

Di mana, sebelum bertugas di Sumut, Kombes Pol Wibowo, juga bertugas dan menjabat sebagai Direktur Lalu Lintas Polda Banten.

Nah, saat berbincang dengan Kombes Pol Wibowo, dirinya mengaku kondisi lalu lintas di Kota Medan sangat unik. Hal itu dikarenakan ada sistem cicil yang dibuat oleh pengendara sepeda motor yang ada di kota terbesar ketiga di Indonesia.

“Jadi, saya sudah mengetahui kalau di Kota Medan itu, ada sistem nyicil di jalanan yang memang sengaja dibuat oleh para pengendara, baik sepeda motor maupun kendaraan roda empat. Sistem nyicil itu, saat lampu merah, ada saja motor ataupun mobil yang melanggar lampu merah saat dilihatnya jalanan kosong. Ini, sudah lama saya tahu, karena saya juga bisa dibilang orang Medan,” sambung Wibowo.

Begitupun, Ia mengungkapkan yang akan dilakukan sebagai orang nomor satu di Ditlantas Polda Sumut akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengubah mindset para pengendara agar lalu lintas di Sumut khususnya Kota Medan bisa semakin baik lagi.

Advertisement

“Kita juga akan melirik jalur tikus di daerah wisata yang apabila acapkali terjadi kemacatan saat weekend tiba,” ujarnya.

Apalagi sekarang ada tatanan new normal. Wibowo menuturkan maka anak sekolah yang memang belajar dari virtual dan para pekerja yang work from home, pasti sudah merasa jenuh dan lebih Memilih untuk pergi berlibur ke tempat wisata seperti Brastagi dan Danau Toba.

“Kita akan fokuskan melakukan pengaturan di jalur wisata. Karena kemungkinan besar yang terjadi kepadatan volume kendaraan di jalur wisata,” bebernya.

Wibowo juga menyatakan dalam waktu dekat selain meningkatkan kedisiplinan masyarakat untuk lebih tinggi terhadap lalulintas, pihaknya juga akan mengantisipasi penurunan tingkat kecelakaan.

“Kita juga fokus pembenahan di dalam dan apapun ceritanya, lalu lintas tetap yang utama. Kita tetap akan tertibkan demi kelancaran berlalu lintas,” pungkasnya.(wol/lvz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN