Diduga Menolak Pasien Hingga Berujung Kematian, AMMPK Sumut Demo PN Pakam

WOL Photo

Lubukpakam, Waspada.co.id – Aliansi Masyarakat dan Mahasiswa Peduli Kesehatan (AMMPK) Sumatera Utara, demo Pengadilan Negeri Lubuk Pakam untuk meminta majelis hakim memberikan keadilan dalam putusan sesuai dengan tuntutan dalam penolakan Puskesmas Tanjung Rejo yang berujung kematian.

Dalam aksinya, Irwandi Pratama selaku Kordinator Aksi, mengatakan bahwa patut diduga kelalaian atau perbuatan melawan hukum dari Kepala Puskesmas Tanjung Rejo yang tidak memberikan arahan dan petunjuk kepada bawahannya.

“Bahwa tindakan Pihak Puskesmas Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang yang menolak Pasien Gawat Darurat adalah tindakan melawan hukum sebagaimana ketentuan Undang Undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009 Pasal 32 ayat (2),” teriaknya, Selasa (30/6).

Dijelaskan, kejadian pada Tanggal 9 April 2020 atas penolakan pelayanan kesehatan terhadap Alm Bapak Sugiono di Puskesmas Tanjung Rejo Kecamatan Percut Seituan, yang mengakibatkan beliau meninggal dunia. kejadian ini, lanjutnya, membuat pihak keluarga dan masyarakat Kabupaten Deli Serdang kecewa dan emosi terhadap petugas kesehatan yang tidak memberikan pertolongan pertama terhadap korban.

“Seharusnya petugas kesehatan harus mengutamakan keselamatan pasien diatas kepentingan yang lain dan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan berkewajiban menerapkan budaya keselamatan pasien. Tidak ada lagi alasan bagi setiap fasIlitas pelayanan kesehatan untuk tidak menerapkan budaya keselamatan pasien karena bukan hanya kerugian secara materi yang didapat tetapi juga ancaman terhadap hilangnya nyawa pasien,” tegasnya.

Advertisement

Karena itu, AMM-PK Sumut meminta untuk mencopot Kadis Kesehatan Kabupaten Deli Serdang karena tidak mampu membina bawahannya dengan baik usut tuntas keterbukaan manajemen pelayanan kesehatan di seluruh Puskesmas Kabupaten Deliserdang.

“Memecat dan memberikan sanksi hukum seberat-beratnya sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku pada kepala Puskesmas Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Seituan,” pungkasnya. (wol/ryan/data2)

Editor: SASTROY BANGUN