CR7 dan Messi Tidak Masuk Top Ten Dewa Free Kick

foto: twitter

LONDON, Waspada.co.id – Untuk urusan trofi pemain terbaik, Lionel Messi (Barcelona) dan Cristiano Ronaldo (Juventus) terbilang paling unggul. Messi tercatat mengoleksi enam gelar Ballon d’Or, sedangkan Ronaldo masih lima trofi.

Akan tetapi, Messi dan Ronaldo tak masuk dalam jajaran 10 Besar dewa tendangan bebas karena masih kalah jauh dengan bintang di era sebelumnya. Legenda Timnas Brazil, Juninho Pernambucano, paling banyak mencetak gol tendangan bebas.

Tercatat, Juninho mencetak 77 gol dari situasi bola mati ketika memperkuat Olympique Lyon, Vasco da Gama, Al-Gharafa, dan Sport Club do Recife. Sepanjang kariernya, Juninho mampu mencetak gol dari beberapa sudut dan jarak berbeda. Dia juga mampu membobol gawang lawan dengan beberapa teknik.

Juninho mengakui mampu melakukan tendangan bebas dengan baik setelah mempelajari teknik mantan rekannya di Timnas Brasil, Marcelinho. Uniknya, Marcelinho sendiri hanya mencatatkan 59 gol dan berada di posisi kesepuluh.

“Saya mulai dengan meniru gaya tendangan bebas Marcelinho yang bermain untuk Corinthians. Dia adalah salah satu inspirasiku dan pemain pertama yang pernah kulihat membuat bola menari di udara,” kata Juninho kepada FourFourTwo beberapa waktu lalu.

Advertisement

Peringkat kedua ditempati oleh legenda Brazil lainnya, Pele. Pemain yang mampu membawa Tim Samba menjadi juara Piala Dunia tiga kali itu mencetak 70 gol dari tendangan bebas. Di bawah Pele, ada legenda Argentina Victor Legrottaglie dengan 66 gol atau sama seperti Ronaldinho.

Selanjutnya, David Beckham yang juga legenda Timnas Inggris membukukan 65 gol. Lalu, Diego Maradona dan Zico sejajar dengan 62 gol. Ronald Koeman mengoleksi 60 gol dan Rogerio Ceni 59 gol. Khusus Ceni, torehan tersebut terbilang luar biasa karena berposisi sebagai kiper. (wol/aa/fft/viva/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL