Bioskop Indonesia Siapkan Protokol Sambut New Normal

WOL Photo/Eko Tarore

Jakarta, Waspada.co.id – Jaringan bioskop di Indonesia sudah mempersiapkan sejumlah prosedur kala menyambut ‘New Normal’. Salah satunya dengan mengurangi jumlah penonton dalam satu studio.

Public Relations Manager CGV Cinemas, Hariman Chalid, mengatakan seluruh bioskop CGV bakal menerapkan social distance seating kala kembali beroperasi. Disebutkan, jumlah penonton sudah pasti tidak akan 100 persen kapasitas bioskop.

CGV juga akan memberlakukan standar protokol kebersihan yang ketat demi meredam penularan Covid-19. Beberapa protokol yang sudah disiapkan, di antaranya penggunaan masker bagi seluruh karyawan dan penonton.

Suhu karyawan dan penonton juga akan dicek sebelum masuk kawasan bioskop. Nantinya, orang yang memiliki gejala batuk, pilek, dan napas terengah-engah dilarang masuk. Hariman juga menyatakan CGV Cinemas akan memiliki ruang isolasi bagi orang yang perlu pemeriksaan lebih lanjut hingga rujukan ke rumah sakit.

Para karyawan juga akan dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD). Tak hanya itu, karyawan juga akan menjalani pengecekan kesehatan rutin dua pekan sekali dan dicatat dalam laporan atau sertifikasi.

Advertisement

Protokol serupa juga akan diberlakukan Cinema XXI. Head of Corporate Communications & Brand Management Cinema XXI, Dewinta Hutagaol, mengatakan menjaga kebersihan dan kesehatan karyawan serta penikmat bioskop sudah diberlakukan sejak akhir Januari lalu, termasuk kala operasi bioskop terhenti dalam beberapa bulan terakhir.

Dewinta mengatakan Cinema XXI menggunakan cairan desinfektan yang biasanya dipakai maskapai penerbangan internasional guna meminimalisir risiko penyebaran Covid-19.

“Saat waktunya tiba, selain kami siap menyambut kembali para pengunjung setia, kami juga akan tetap berlakukan protokol yang telah disesuaikan,” sebut Dewinta baru-baru ini.

Diketahui, jaringan bioskop di Indonesia tak beroperasi selama pandemi Covid-19 mulai akhir Maret lalu. (wol/aa/cnnindo/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL