Berjalan Goyah Usai Pidato di Wisuda Akmil, Kesehatan Trump Disoroti Netizen

Presiden Ameriksa Serikat (AS), Donal Trump. (Reuters/Jonathan Ernst/Wan)
Iklan

NEW YORK, Waspada.co.id – Presiden Amerika Serikat Donald Trump disorot publik setelah terlihat tidak stabil atau goyah saat menuruni jalan di West Point, New York setelah menyampaikan pidato pembukaan acara kelulusan Taruna Akademi Militer.

Sebuah video memperlihatkan Trump berjalan dengan goyah dan tidak stabil memicu perbincangan di media sosial. Sejumlah netizen melontarkan ejekan dan kritik.

Trump yang hari Minggu berulang tahun ke-74 menyalahkan jalan yang sangat licin sebagai penyebab penampilannya tidak stabil.

Dia menjelaskan insiden itu dalam sebuah tweet Sabtu malam, (13/6) waktu setempat.

“Jalan yang saya turuni setelah pidato di West Point sangat panjang dan curam, tidak memiliki pegangan dan, yang paling penting, sangat licin,” kata Trump seperti dikutip AFP, Senin (15/6).

iklan

Kejadian tersebut memicu spekulasi tentang kondisi kesehatannya menjelang kampanye pilpres yang sangat melelahkan. Sementara jurnalis yang meliput di lokasi mengatakan saat itu cuaca kering dan jalan tidak terlalu curam.

Trump berbicara di hadapan lebih dari seribu letnan dua yang baru lulus dari kelas akademi tahun 2020. Mereka duduk rapi di lapangan.

Pidato Trump di West Point di tengah ketegangan dengan pemimpin militer, perselisihan rasial, dan perjuangan nasional pulih dari pandemi virus corona yang membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan.

Dalam pidato, dia tidak menyebutkan secara gamblang kekacauan rasial yang melanda AS sejak kematian pria kulit hitam George Floyd di tangan anggota polisi kulit putih di Minnesota pada 25 Mei lalu.

Dia juga tak menyinggung perbedaan pendapat di internal militer mengenai ancamannya untuk menggunakan pasukan aktif guna meredam kerusuhan sipil di kota-kota AS akibat rasialisme dan kebrutalan polisi. (cnn/data2)

Iklan