Berita Duka, Dubber Pertama Sizuka Meninggal Dunia

Shizuka dan Prabawati (Foto: Kolase Okezone)

Waspada.co.id – Pengisi suara pertama karakter Shizuka dalam seri anime Doraemon berbahasa Indonesia, Prabawati Sukarta dikabarkan meninggal dunia pada usia 64 tahun.

Komunitas Indonesian Voice Talent mengabarkan melalui akun Instagram mereka, Kamis (17/6), bahwa Prabawati dikabarkan meninggal dunia pada Senin (15/6). Hal itu disampaikan oleh anak mendiang, Ady Aiman.

“Innalillahi wa innailaihirojiun. Kabar duka datang dari keluarga besar Radio Republik Indoneisa (RRI). Salah satu penyiar RRI era 1980an bernama Prabawati Sukarta meninggal dunia,” ucap Indonesian Voice Talent dalam unggahan di akun mereka yang menyertakan foto Prabawati.

“Prabawati Sukarta merupakan mantan penyiar pada RRI Jakarta. Ia juga sebagai salah satu pengisi suara (dubber) tokoh kartun, Shizuka pada film serial Doraemon,” lanjut pernyataan tersebut.

Indonesian Voice Talent kemudian menjelaskan bahwa Prabawati merupakan sosok pertama yang memerankan suara Shizuka kala rilis di Indonesia. Doraemon sendiri diketahui pertama kali rilis di Indonesia sejak dekade 90-an.

Advertisement

Kemudian pada 2006, peran Prabawati diganti oleh Nurul Ulfah hingga 2008 dan dilanjutkan oleh Merysha Chandra.

Setelah itu, Jessy Milianty melanjutkan peran karakter perempuan idaman Nobita tersebut. Namun untuk film Doraemon terakhir kali, Stand by Me, karakter Shizuka diisi suaranya dalam versi Indonesia oleh Nurul Ulfa.

Shizuka Minamoto merupakan salah satu karakter utama dan pertama dalam seri manga dan anime Doraemon ciptaan Fujiko Fujio.

Shizuka merupakan teman sejak kecil dan perempuan idaman dari Nobita Nobi, sahabat dari Doraemon. Dikisahkan pada Abad ke-22, Shizuka dan Nobita merupakan pasangan suami-istri.

Namun kala mereka berdua masih anak-anak yang menjadi pusat cerita dari manga dan anime Doraemon, cinta Nobita kepada Shizuka kerap kali bertepuk sebelah tangan.

Manga Doraemon pertama kali diterbitkan pada 8 Agustus 1969 dan masih terus diproduksi hingga kini. Versi anime pertama kali tayang pada 1 April-30 September 1973.

Kemudian anime Doraemon dilanjutkan kembali ke musim berikutnya pada 2 April 1979 hingga 18 Maret 2005 dengan total episode mencapai 1.787, plus 30 episode spesial.

Versi teranyar dari anime Doraemon rilis pada 15 April 2005 dan disiarkan di lebih dari 50 negara di dunia. (cnnindonesia.com/data3)