Berikut Tips Aman Staycation Saat Pandemi

Ilustrasi (Ist)
Iklan

Waspada.co.id – Pemerintah Indonesia mulai melonggarkan pembatasan perjalanan wisata, sehingga saat ini turis sudah bisa jalan-jalan di zona hijau dan kuning.

Melepas penat setelah hampir tiga bulan karantina mandiri di rumah boleh saja, tapi ingat sebaiknya tak melakukan perjalanan yang kurang penting sebelum pandemi virus corona benar-benar berakhir.

Tak perlu ke luar kota atau ke luar negeri dulu, karena di dalam kota kita masih bisa berwisata di luar rumah dengan cara staycation, atau bermalam singkat di penginapan.

Bagi yang ingin staycation pada akhir pekan ini, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Cari informasi soal layanan dan fasilitas penunjang kesehatan

iklan

Tidak ada jaminan 100 persen bahwa menginap di perkemahan, hostel, hostel, atau vila bakal terbebas dari virus penyakit. Tapi ada banyak cara untuk membuat urusan bermalam menjadi lebih aman dan nyaman.

Ketahui bahwa skenario di tiap penginapan berbeda; misalnya, tidak seperti hotel atau vila, perkemahan biasanya memiliki kamar mandi bersama.

Tetapi apapun jenis penginapannya, mulailah dengan mencari tahu informasi penginapan melalui situs resmi atau layanan pelanggannya, untuk bertanya protokol kesehatan yang diterapkan.

Pastikan untuk bertanya tentang kualitas udara, ventilasi, jadwal disinfeksi, fasilitas cuci tangan di area umum, opsi tanpa kontak seperti kunci digital, sampai protokol mengenakan masker, jarak sosial, dan pemeriksaan suhu tubuh bagi tamu dan staf.

2. Jauhi keramaian dan ruangan tertutup

Jika masih ingin staycation di tengah pandemi virus corona, sebaiknya hindari waktu akhir pekan atau hari libur nasional, karena risiko berpapasan dengan kerumunan sangat mungkin terjadi.

Kalau ingin tetap melakukannya di akhir pekan atau hari libur nasional, sebaiknya pilih hotel yang berada di zona hijau atau yang jauh dari rumah sakit rujukan pasien virus corona.

3. Jaga kesehatan diri dan tamu lain

Jangan hanya berserah diri dengan protokol kesehatan yang diterapkan penginapan. Sebagai tamu, kita juga tetap menjaga kesehatan diri sendiri dan tamu lainnya.

Kenakan masker dan hindari kerumunan, baik di dalam ruangan seperti lift maupun di luar ruangan seperti kolam renang.

Sebelum melakukan kontak dengan permukaan yang sering disentuh, seperti tombol lift, gagang pintu, serta meja dan kursi makan, segera bersihkan permukaan dengan tisu beralkohol dan jangan lupa cuci tangan.

4. Reservasi restoran hotel atau pilih hotel dekat pusat kuliner

Banyak hotel yang tak lagi menyediakan menu prasmanan. Sebagai gantinya mereka menyediakan menu satuan seperti restoran.

Hubungan hotel jika tetap ingin makan di restorannya sehingga tak perlu antre dengan tamu lain.

Kalau enggan makan di restoran hotel, bisa pilih hotel yang dekat dengan pusat kuliner sehingga pilihan makanan dan minumannya lebih banyak.

5. Cek kesehatan

Cek kesehatan sebelum dan setelah melakukan staycation. Jika sehat saat berangkat dan tak enak badan saat pulang, segera kunjungi dokter untuk mengetahui gejala kesehatan yang dialami.

Saat ini Indonesia tengah memasuki musim kering, sehingga matahari bersinar dengan terik. Jangan paksa diri beraktivitas di luar ruangan terlalu lama, contohnya berenang, bersepeda, bermain bola, atau bermain golf, karena dapat membuat tubuh dehidrasi dan cepat lelah. (cnnindonesia.com/data3)

Iklan