Wali Kota Lapor Kesiapan Tanjungbalai

WOL Photo

TANJUNGBALAI, Waspada.co.id – Melihat berbagai upaya penanganan Covid-19 yang telah dilakukan, Pemkot Tanjungbalai mengajukan “New Normal” kepada pemerintah pusat.

Demikian disampaikan Wali Kota Tanjungbalai HM Syahrial SH MH yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Tanjungbalai saat menerima kunjungan kerja Liaison Officer (LO) BNPB untuk wilayah Sumut, Mayjen (Purn) Darlan Harahap, Kamis (28/5).

Kunjungan itu dalam rangka menyikapi dan penanganan pandemi Covid-19 di Kota Tanjungbalai dan bentuk kepedulian pemerintah pusat dalam persiapan menuju “New Normal”. Acara dibuka oleh Wali Kota Tanjungbalai dengan menyampaikan pihaknya sudah melaksanakan protokol sesuai SOP Covid-19.

Syahrial juga menyampaikan kondisi geografis dan luas wilayah serta jumlah penduduk Kota Tanjungbalai. Terkait penanganan Covid-19 di Kota Tanjungbalai, wali kota mengatakan Pemkot Tanjungbalai telah menyiapkan segala mekanisme melalui protokol kesehatan yang disesuaikan dengan pemerintah pusat nantinya.

Sebelumnya, berbagai lapisan masyarakat juga telah menyampaikan aspirasinya kepada DPRD Tanjungbalai untuk bersama-sama Pemkot setempat menuju “New Normal”. Pemkot Tanjungbalai dan Tim GTPP Covid-19 Kota Tanjungbalai akan rapat persiapan bersama Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tanjungbalai pada Selasa (2/6) mendatang.

Advertisement

Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Kota Tanjungbalai, Ridwan Parinduri, melaporkan pihaknya telah melaksanakan penyemprotan, imbauan dan informasi terkait protokol kesehatan, mendirikan posko pemeriksaan kesehatan di perbatasan Kota Tanjungbalai, mendirikan posko karantina sementara, menyalurkan bansos, dan memulangkan TKI/pekerja migran dari Malaysia.

Darlan Harahap menyampaikan pada akhir April lalu, sudah ada 162 pihak menyalurkan bantuan lewat posko. Disebutkan, bantuan yang diberikan beragam bentuknya, mulai dari sembako, perlengkapan sanitasi hingga Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan oleh tenaga medis.

Selanjutnya, Bantuan Sosial Tunai (BST) yang diprakarsai oleh Kementerian Sosial (Kemensos) sudah disalurkan melalui Kantor Pos pada Mei ini. Bantuan sembako dari Pemprovsu juga sudah disalurkan ke masyarakat dan penyalurannya dipantau langsung oleh tim Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) KPK.

Selain itu, Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa juga telah disalurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19. Dalam mekanisme komunikasi, Tim Gugus Tugas pun sudah didukung teknologi informasi yang mumpuni. (wol/lvz/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL