Update Covid-19 Sumut 21 Mei: Catat Rekor Bertambah 23 Positif

Ilustrasi (antara)

MEDAN, Waspada.co.id – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, dr Whiko Irwan D, Sp.B, mencatat ada penambahan angka positif Corona di Sumatera Utara. Angka positif sehari sebelumnya berjumlah 250 dan kini bertambah 23 orang.

“PDP ada 193 orang, 535 ODP, 273 orang positif metode PCR, 31 orang meninggal, dan pasien sembuh 87 orang,” katanya dalam live streaming di kantor Gubernur Sumut, Kamis (21/5).

Dikatakan, untuk penderita Covid -19 positif di Sumatera Utara didominasi warga Kota Medan sebanyak 186 orang. Selanjutnya, Kabupaten Deliserdang menyusul dengan 32 orang diikuti Kota Pematangsiantar 14 orang.

“Data ini membuktikan kepada kita bahwa upaya melindungi diri masih belum berjalan dengan baik. Masih kita lihat banyak yang mengabaikan protokol kesehatan, mengabaikan tidak menggunakan masker, mengabaikan menjaga jarak dan mengabaikan menghindari kerumunan,” lanjutnya.

GTPP Covid-19 Sumut tidak henti-hentinya terus mengingatkan masyarakat agar selalu menggunakan masker di manapun berada. Seperti sering mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, menjaga jarak antara sesama sejauh dua meter, menghindari kerumunan orang banyak, dan terpenting tidak mudik.

Advertisement

“Pada situasi sekarang tidaklah harus mudik. Mengingat risiko yang besar, karena kita tidak pernah tahu siapa yang sakit berada di luar. Karena itu, mari kita berpartisipasi dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Sumut. Hanya dengan cara ini kita bisa lakukan dengan baik upaya pengendalian Covid-19,” pungkasnya.(wol/mrz/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL