Terpaksa Bepergian Saat Pandemi Covid-19, Ikuti Tips Aman Berikut

Ilustrasi

Waspada.co.id – Sebagian orang harus menempuh perjalanan di masa pendemi Covid-19 karena memang tugas atau dalam kondisi darurat.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Di dalam surat edaran tersebut termuat siapa-siapa saja yang dikecualikan sehingga boleh bepergian selama wabah corona.

Mereka yang melakukan perjalanan di masa pandemi Covid harus mengikuti protokol kesehatan sekaligus menjaga daya tahan tubuh agar tak terinfeksi virus corona. Jangan sampai sakit apalagi sampai menularkan virus corona kepada orang lain.

Berikut beberapa tips ketika terpaksa berada dalam perjalanan jauh di masa pandemi Covid, seperti dikutip dari laman smartravel:

Hindari Transportasi Umum
Hindari menggunakan transportasi umum guna menghindari sebanyak mungkin orang. Lebih baik naik mobil pribadi ketika hendak menuju bandara, minta diantar, atau menggunakan layanan taksi.

Advertisement

Jika menggunakan transportasi umum, selalu pakai masker dan sebisa mungkin sedikit menyentuh permukaan di dalam transportasi umum.

Pakai Masker atau Penutup Wajah
Anda harus memakai masker atau penutup wajah meskipun tidak menunjukkan gejala Covid-19. Sebab, tetap ada kemungkinan Anda tertular virus corona.

Check-In Online, Unduh Mobile Boarding Pass, dan Bawa Sendiri Barang Bawaan
Anda dapat memeriksa penerbangan secara online dan mengunduh boarding pass ke ponsel. Langkah ini memungkinkan lebih sedikit interaksi dengan orang dan tidak perlu menyerahkan tiket ke petugas, meski masih harus menunjukkan identitas kepada petugas.

Pakailah tas jinjing untuk menghindari barang Anda disentuh oleh orang lain. Saat berada di bandara dan akan naik pesawat, jangan lupa untuk menjaga jarak setidaknya 6 kaki dari orang lain.

Sering Cuci Tangan atau Pakai Hand Sanitizer
Cuci tangan sesering mungkin minimal selama 20 detik. Cucilah tangan setiba di bandara, turun dari pesawat, dan toilet. Anda juga bisa membawa tisu basah jika sulit mendapatkan air mengalir untuk mencuci tangan.

Bawa Alat Makan dan Minum Sendiri
Bawalah alat makan dan botol minum sendiri. Selain lebih hemat, ramah lingkungan, cara ini memungkinkan Anda lebih sedikit bersinggungan dengan orang lain.

Duduk di Dekat Jendela dan Tetap Tenang
Virus tidak mudah menyebar di kabin pesawat karena telah dibersihkan dan dilengkapi teknologi High-Efficiency Particle Filters atau HEPA. Yang penting, tetap terapkan batas jarak aman dengan orang lain agar terhindari dari percik, renik, dan droplet dari orang yang mungkin terinfeksi virus corona.

Agar lebih aman, pilih tempat duduk dekat jendela dan tetap duduk tenang sepanjang penerbangan. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari persinggungan dengan orang lain dan permukaan benda yang kerap tersentuh. (wol/tempo/data2)