Serie A Mulai Lagi, Pemain Tak Boleh Protes Wasit

Foto: football5star

ROMA, Waspada.co.id – Protokol untuk pertandingan Serie A (Liga Italia) selama pandemi Covid-19 sedang diselesaikan. Nantinya, ada aturan pemain dilarang melayangkan protes kepada wasit.

Pemerintah Italia telah mengizinkan klub Serie A menggelar latihan secara tim. Namun, klub tetap harus menjalani protokol medis yang sudah disepakati. Serie A musim 2019/2020 direncanakan bergulir pada pertengahan Juni, setelah terhenti selama dua bulan.

Menurut pemberitaan, draft protokol setebal 36 halaman bakal digodok. Di antaranya mengatur masalah katering, media, menempatkan pemain pengganti di tribun, pertukaran maskot, pelarangan jabat tangan, sesi foto tim hingga larangan protes kepada wasit.

Yang unik, pemain diperintahkan untuk tidak memprotes wasit atau harus berjarak sejauh 1,5 meter dari perangkat pertandingan setiap saat. Urusan katering hanya dapat dilakukan oleh koki masing-masing klub.

Sesi pemanasan akan dicoba dengan penerapan jaga jarak. Membiarkan pemain berlari dan berolahraga di area terpisah dari lapangan. Media pun nantinya dilarang memasuki stadion, sebelum mengisi kuesioner tentang gejala Covid-19 dan menjalani tes suhu tubuh.

Advertisement

Saat kompetisi dilanjutkan, Juventus tetap berada di puncak klasemen dengan keunggulan satu poin atas Lazio. (wol/aa/fbi/data3)

editor: AUSTIN TUMENGKOL