Polda Sumut Putar Balik 600 Kendaraan Mudik Per Hari

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, mengatakan dari hasil pendataan yang dilakukan, rata-rata setiap hari tidak kurang 600 kendaraan diperintahkan kembali karena tidak memenuhi syarat untuk masuk wilayah Sumut.

Hal ini juga dilakukan oleh Provinsi Riau, Aceh dan Sumbar apabila ada pemudik dari Sumut yang memasuki wilayah mereka.

“Kami imbau kepada seluruh masyarakat untuk menunda mudik guna mencegah penyebaran virus corona masuk ke wilayah kampung halaman kita masing-masing,” katanya, Rabu (13/5).

Pada pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2020 di wilayah Sumut 2020, Martuani menjelaskan Polda Sumut dan Polres jajaran telah menggelar Operasi Ketupat Tobat 2020 dengan mendirikan 114 pos pengamanan dimana ada 25 pos yang merupakan check point untuk mengantisipasi pemudik yang masuk atau keluar dari wilayah Sumut.

Langkah ini sebagai bentuk implementasi instruksi Presiden terkait larangan mudik. Adapun pos check point tersebut berada di daerah Langkat, Labuhan Batu, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Tanah Karo, dan Pakpak Bharat.

Advertisement

“Para personel yang bertugas di pos check point tersebut akan memeriksa setiap kendaraan ataupun masyarakat yang masuk ke wilayah Sumut,” jelasnya.

“Saya juga mengajak bersama-sama memutus mata rantai virus corona dengan disiplin dalam menaati anjuran dan protokol kesehatan yang diberikan oleh pemerintah,” pungkas Martuani. (wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN