“Pemko Medan Tidak Komitmen Dalam Pencegahan Covid-19”

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) sebut Pemerintah Kota (Pemko) Medan tidak memiliki komitmen dalam pencegahan penularan Covid-19, Senin (25/5).

Kepala Devisi LBH Maswan Tambak, mengatakan Pemko Medan tak kawal proses pemberian bantuan, hal tersebut justru permudah penularan Covid-19 di masyarakat.

“Upaya pembagian bantuan yang pemerintah lakukan seperti Bantuan Sosial Tunai (BST), di satu sisi ditujukan untuk memberi kemudahan namun di sisi lain justru mempermudah penularan (Covid-19). Ratusan masyarakat yang berkumpul di gedung kantor pos, Rabu (20/5), berdesakan untuk mengambil jatah bantuan tidak menerapkan physical distancing,” tegasnya.

“Dalam proses pembagian tersebut juga tidak terlihat petugas kepolisian atau satuan polisi pamong praja yang berjaga khusus untuk mengamankan. Wali Kota Medan dalam hal penanganan Covid-19 telah mengeluarkan Peraturan Wali Kota Medan Nomor 11 Tahun 2020, khusus mengenai physical distancing diatur pada Pasal 15 Ayat (1) Huruf e dalam hal pencegahan,” ujar Maswan.

Ditambahkan, tidak adanya penjagaan oleh petugas saat terjadi kerumunan. Maka dalam hal ini Pemko Medan tidak memiliki komitmen dalam pencegahan penularan Covid-19.

Advertisement

Pria berkulit putih itu juga mengatakan, dalam pembagian bantuan, apabila pemerintah tidak tegas maka masyarakat tidak terlalu menghiraukan peratuaran karena yang mereka butuhkan adalah bantuan agar bisa makan. Dalam hal ini, seharusnya Pemko Medan seharusnya berkoordinasi dengan pihak lain untuk tetap menerapkan phsycal distancing.

Bukannya memberikan bantuan dan mempermudah penularan, lanjut Maswan, karena selain penerapan physical distancing ada beberapa masalah lagi yang ditemukan di lapangan seperti orangtua dan anak-anak yang kelelahan akibat berdesakan.

“Apabila pemerintah tidak siap menjalankan peraturan maka tak perlu terlalu sibuk dengan imbauan karena peran dan tanggung jawab pemerintah jauh lebih besar daripada sekedar mengimbau,”pungkasnya.(wol/ryan/data3)

Editor: SASTROY BANGUN