Peduli Covid-19, Lantamal I Salurkan Sembako Kepada Masyarakat

WOL Photo
Iklan

BELAWAN, Waspada.co.id – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal I) bekerja sama dengan Sahabat Lantamal I melaksanakan bakti sosial dengan membagikan sembako dan masker di Belawan.

Pembagian sembako merupakan bentuk kepedulian antar-sesama pada masa pandemi Covid-19 ini terselenggara atas kerja sama dan bantuan dari Sahabat Lantamal I di antaranya PSMTI, HAQI, TAL Medan, Gabungan Pengusaha Gabion, dan Yayasan UBN Indonesia.

Pelaksanaan pembagian sembako tersebut sudah dimulai beberapa pekan lalu. Senin ini memasuki tahap ketiga pembagian yang pelaksanaannya masih tetap berusaha menyisir masyarakat membutuhkan terdampak Covid-19 di daerah pelosok serta untuk masyarakat yang belum pernah mendapatkan bantuan sebelumnya.

Komandan Lantamal (Danlantamal) I, Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid menyebutkan, selama ini pihaknya terus menyalurkan bahan makanan pokok bantuan dari Sahabat Lantamal. Sampai saat ini sudah sebagian besar tersalurkan dari bantuan yang terkumpul sebanyak 7,5 ton beras, 10.000 bungkus mi instan, dan 1.200 buah masker.

“Sebagian kita sampaikan bantuan sembako di tengah laut agar personil Lantamal I bisa bertemu langsung dengan nelayan yang sedang menangkap ikan di Perairan Belawan sambil sosialisasi pentingnya penggunaan masker dan pola hidup sehat untuk mencegah penularan Covid-19,” ujar Danlantamal I, Senin (18/5).

iklan

Selain di laut, Lantamal I menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat di sekitar Belawan, Martubung, Cinguan, Kampung Nelayan Belawan, dan Kampung Nelayan Pelangi yang merupakan desa binaan Lantamal I dalam Program Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) yang ada di wilayah kerja Lantamal I.

Dalam pelaksanaanya, Lantamal I melakukan pembagian dari rumah ke rumah sehingga tidak terjadi berkumpulnya masa sebagai upaya mencegah penularan Covid-19.

“Martubung kita sisir saat banjir akibat curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir ini. Selain itu, saya terus perintahkan jajaran Pom Lantamal I selalu patroli dan mengimbau masyarakat berpola hidup sehat, social distancing, dan menggunakan masker,” tegasnya.

Pembagian sembako melibatkan seluruh personil Lantamal I termasuk Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) dan istri-istri prajurit Lantamal I yang tergabung dalam Jalasenastri Korcab I Daerah Jalasenastri Armada I. (wol/ril/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan