New Normal, Menag Tegaskan Hanya Masjid di Zona Hijau yang Boleh Buka

Foto: Menag Fachrul Razi rapat bersama Satgas Covid-19 DPR.
agregasid

Waspada.co.id – Tatanan hidup kenormalan baru (new normal) akan dijalankan pemerintah di tengah pandemi corona virus disease (covid-19). Salah satu yang terlihat perubahannya adalah kembali dibukanya rumah-rumah ibadah, termasuk masjid, namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sebagaimana dijelaskan Menteri Agama Fachrul Razi, rekomendasi pembukaan rumah ibadah di era new normal dikeluarkan oleh kepala daerah hingga tingkat kecamatan.

Namun, kata dia, hanya daerah-daerah yang aman atau zona hijau dari covid-19 yang diperbolehkan membuka kembali rumah ibadah.

“Itu hanya boleh di rumah ibadah yang relatif aman dari covid-19 dan direkomendasi oleh camat atau bupati/wali kota, sesuai level rumah ibadah tersebut,” kata Menag sesuai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo melalui telekonferensi, Rabu 27 Mei 2020.

Terkait hal tersebut, sejumlah masjid di DKI Jakarta memutuskan belum membuka kembali pada hari ini. Ibadah Sholat Jumat berjamaah pun belum dilaksanakan lagi.
Seperti di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, dilaporkan pada hari ini tidak menggelar Sholat Jumat di tengah wacana penerapana new normal.

Advertisement

“Hari ini Istiqlal belum mengadakan pelayanan ibadah dalam bentuk apa pun, masjidnya masih tutup untuk umum,” ungkap Kepala Bagian Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah kepada Okezone, Jumat (29/5/2020).

Kemudian di Masjid Lautze, kawasan Pecinan Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, juga belum menggelar Sholat Jumat karena wabah virus corona belum berlalu.

“Masjid Lautze sampai hari ini masih tutup. Iya sejak awal sudah mengikuti Fatwa MUI dan aturan PSBB,” ucap Humas Masjid Lautze Yusman Iriansyah.